Regulasi Crypto Berubah Paska Pemerintahan AS Berhenti? Ini Nasibnya Sekarang!

Updated
September 26, 2023
Gambar Regulasi Crypto Berubah Paska Pemerintahan AS Berhenti? Ini Nasibnya Sekarang!

Ketidaksepakatan politik di Amerika Serikat mengenai anggaran belanja pemerintah dapat mengakibatkan penutupan pemerintah.

Dalam skenario ini, perkembangan penting terkait regulasi crypto mungkin terhenti.

Regulasi Crypto: Kemajuan yang Terancam

Twitter

Pada Juli 2023, Komite Layanan Keuangan DPR AS menyetujui beberapa RUU crypto penting. Namun, potensi penutupan pemerintah dapat mengganggu perkembangan legislatif ini.

Meskipun demikian, beberapa RUU memiliki dukungan bipartisan dan berpotensi lolos dalam pemungutan suara.

Baca Juga: Survei Ungkap Jumlah Orang Amerika yang Punya dan Percaya Crypto, Ternyata Segini!

Namun, ada banyak ‚Äúranjau politik‚ÄĚ yang dapat menggagalkan RUU tersebut, seperti pendekatan berbeda dari dua partai besar terhadap legislasi stablecoin.

Dampak Pasar Crypto: Bitcoin dan ETF

Meskipun ada kejelasan regulasi crypto, nasib Bitcoin masih belum pasti. Hal ini tergantung pada persetujuan Bitcoin ETF Spot.

Bitcoin mengalami penurunan di bawah level $26,800, mempengaruhi potensi penurunan lebih lanjut.

Selain itu, selama potensi penutupan pemerintah, kegiatan penegakan hukum SEC atau Securities and Exchange Commission akan berhenti, yang mungkin memberikan keringanan sementara bagi banyak litigasi crypto yang diajukan oleh SEC.

Tanggapan Industri: Kekhawatiran dan Harapan

Sheila Warren, CEO dari Crypto Council for Innovation, menyatakan kekhawatirannya tentang hilangnya fokus yang telah menjadi tantangan bagi industri untuk dibangun.

Menurutnya, setelah penutupan, tidak jelas isu apa yang akan menjadi prioritas utama dalam mendapatkan perhatian kongres.

Baca Juga: Meski Dihantam Regulasi, Perusahaan Crypto akan Tetap Bertahan di Amerika Serikat

Ketidakpastian politik di AS memiliki dampak langsung pada perkembangan regulasi crypto. Meskipun ada tantangan, komunitas crypto tetap optimis dan berharap pemangku kebijakan akan memberikan kejelasan yang diperlukan untuk industri ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->