Solana: Rahasia Dibalik Blockchain Super Cepat yang Mengguncang Dunia Crypto

Updated
November 24, 2023
Gambar Solana: Rahasia Dibalik Blockchain Super Cepat yang Mengguncang Dunia Crypto

Solana, platform blockchain yang diciptakan oleh Anatoly Yakovenko, telah menjadi pusat perhatian di dunia crypto. Dengan visi untuk menciptakan blockchain berkinerja tinggi, Solana telah menarik perhatian pengembang dan investor di seluruh dunia.

Perjalanan Anatoly Yakovenko Menciptakan Solana

Anatoly Yakovenko, co-founder Solana, membagikan momen ‚Äúeureka‚ÄĚ yang melahirkan ide untuk protokol smart contract layer 1 ini. Yakovenko, yang memiliki latar belakang sebagai insinyur komputer, mendapatkan inspirasi untuk Solana dari waktu yang dihabiskannya di Solana Beach dan proyek sampingannya yang melibatkan perangkat keras pembelajaran mendalam.

Baca Juga: Program Inkubator dari Solana Labs: Kesempatan Berharga bagi Startup di Sektor Crypto!

Ide untuk Solana berasal dari konsep yang dikenal sebagai akses multipel divisi waktu dan teknologi yang disebut fungsi penundaan yang dapat diverifikasi. Yakovenko dan mitranya kemudian berusaha mengembangkan aplikasi breakout dan kasus penggunaan yang didukung oleh fungsi smart contract.

Solana: Magnet bagi Pengembang Smart Contract

prediksi harga solana 2030
Sumber: CryptoTicker

Solana berfokus pada penciptaan blockchain tercepat yang mungkin, menarik pengembang dengan kemampuan optimasi dan desentralisasi uniknya. Selama pasar bullish crypto 2021, ekosistem Solana melihat aliran modal yang signifikan, dengan token aslinya, Solana (SOL), mencapai titik tertinggi sepanjang masa.

Namun, Solana juga mengalami gangguan jaringan yang ‚Äúmengerikan‚ÄĚ dan menghadapi kritik. Meski demikian, ekosistem ini telah belajar dari kesalahan tersebut dan mengambil langkah-langkah menuju desentralisasi.

SolanaFM: Inovasi Terbaru di Ekosistem Solana

Pada acara Breakpoint 2023, CEO memperkenalkan SolanaFM, block explorer berbasis Solana yang telah ditingkatkan. SolanaFM menawarkan tampilan akun yang ditingkatkan, peningkatan kinerja, dan banyak lagi.

Meski ada persaingan dengan Ethereum, Yakovenko menyebutkan adanya pertukaran pikiran yang sehat antara pengembang open-source dari kedua ekosistem.

Paragraf Penutup

Dengan visi dan inovasi yang terus menerus, Solana terus menunjukkan potensinya sebagai pemain utama di dunia blockchain. Meski menghadapi tantangan, Solana tetap berkomitmen untuk menciptakan blockchain tercepat dan paling optimal untuk pengembang dan pengguna.

Baca Juga: Wih, Smartphone Solana Rilis di 2023. Intip Ringkasan Solana Breakpoint 2022!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->