Bitcoin ETF: Detik-Detik Menentukan Investasi Triliunan Dolar

Updated
December 4, 2023
Gambar Bitcoin ETF: Detik-Detik Menentukan Investasi Triliunan Dolar

Kabar gembira bagi para penggemar crypto, sebuah peristiwa besar yang akan mengguncang pasar crypto segera terjadi. Dengan nilai pasar yang telah melonjak hingga mendekati $40.000 per Bitcoin, kini mata uang digital ini bersiap menghadapi momen krusial.

Sebuah jendela persetujuan untuk Bitcoin spot exchange-traded funds (ETFs) telah dibuka, yang melibatkan dana kelolaan gabungan sebesar $17 triliun. Peristiwa ini diprediksi akan membawa dampak signifikan bagi harga Ethereum, XRP, dan mata uang crypto lainnya.

Antisipasi Peluncuran ETF Bitcoin

Dokumen Securities and Exchange Commission (SEC) AS baru-baru ini mengungkapkan bahwa periode persetujuan untuk Bitcoin spot ETFs yang diajukan oleh raksasa Wall Street akan segera dimulai. Periode ini dijadwalkan antara tanggal 5 hingga 10 Januari, menurut analis ETF Bloomberg Intelligence, James Seyffart.

Seyffart menekankan bahwa keputusan persetujuan mungkin akan diumumkan pada tanggal 8, 9, atau 10 Januari. Hal ini menandai sebuah periode penting yang harus kamu tandai di kalendermu.

Baca Juga: Setelah Ledakan ETF Bitcoin, Kini 6 Perusahaan Ajukan Proposal ETF Ethereum!

Saat ini, SEC tengah mempertimbangkan sekitar selusin aplikasi Bitcoin spot ETF dari beberapa manajer aset terbesar di dunia, termasuk BlackRock dan Fidelity.

Di sisi lain, manajer aset crypto Grayscale juga berupaya mengubah trust Bitcoin unggulannya menjadi Bitcoin spot ETF, setelah meraih kemenangan hukum yang meningkatkan ekspektasi keberhasilannya.

Harapan dan Spekulasi Pasar

bitcoin etf coinbase
Sumber: The Coin Republic

Jika persetujuan Bitcoin spot ETF terjadi dalam jendela waktu ini, ini akan menjadi momen penting bagi adopsi institusional Bitcoin, Ethereum, XRP, dan crypto lainnya. Seorang investor crypto yang berpengaruh menyebut kedatangan ETF Bitcoin spot AS yang telah lama ditunggu-tunggu sebagai contoh langka dari peristiwa ‚Äúbeli rumor, beli berita‚ÄĚ.

Hal ini dianggap sebagai momen penting bagi adopsi institusional mata uang crypto. Harga Bitcoin telah pulih tajam tahun ini, naik seiring dengan hype seputar ETF Bitcoin spot yang bisa memicu lonjakan harga Ethereum, XRP, dan boom crypto.

‚ÄúPersetujuan ETF Bitcoin spot sangat penting untuk adopsi institusional; banyak alokator aset dan manajer aset melihat kendaraan seperti ETF untuk digunakan dalam proses alokasi,‚ÄĚ kata Anthony Rousseau, kepala solusi brokerage di TradeStation.

Implikasi Bagi Pasar Crypto

Persetujuan ETF Bitcoin spot tidak hanya akan mempengaruhi harga Bitcoin itu sendiri, tetapi juga berpotensi membawa arus modal baru ke dalam kelas aset ini. Hal ini termasuk Ethereum, XRP, dan mata uang crypto utama lainnya.

Meskipun masih ada jalan panjang untuk pendidikan tentang bagaimana ini akan masuk ke dalam portofolio 60/40, para ahli matematika dipercaya akan menyelesaikan masalah ini. Kejadian ini akan dianggap sebagai pengaruh positif bagi arus modal baru ke dalam kelas aset crypto.

Paragraf Penutup

Dengan jendela persetujuan ETF Bitcoin yang telah dibuka, pasar crypto bersiap untuk menyambut era baru. Ini bukan hanya tentang Bitcoin, tetapi juga tentang bagaimana hal ini akan mempengaruhi ekosistem crypto secara keseluruhan.

Kamu yang terlibat dalam investasi crypto harus memperhatikan perkembangan ini, karena bisa jadi ini adalah awal dari perubahan besar dalam cara kita berinvestasi di masa depan.

Baca Juga: Menggebrak! BlackRock Ajukan ETF Bitcoin, Hopes Tergerak untuk ETF Spot!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->