Upaya Peretasan Bitfinex Gagal: Transaksi XRP Senilai $15 Miliar Tidak Berhasil

Updated
January 17, 2024
Gambar Upaya Peretasan Bitfinex Gagal: Transaksi XRP Senilai $15 Miliar Tidak Berhasil

Dunia crypto baru-baru ini dikejutkan oleh upaya peretasan yang gagal pada bursa crypto terkemuka, Bitfinex. Pelaku mencoba memindahkan XRP senilai hampir $15 miliar, sebuah jumlah yang hampir setengah dari kapitalisasi pasar XRP yang berjumlah $30 miliar. Namun, upaya ini gagal berkat sistem keamanan Bitfinex yang tangguh.

Teknik Peretasan yang Canggih

Upaya peretasan ini menggunakan fitur ‚ÄúPartial Payments‚ÄĚ pada jaringan XRP Ledger. Teknik ini memungkinkan pembayaran berhasil meskipun jumlah yang diterima berkurang. Namun, dalam kasus ini, transaksi hanya untuk beberapa sen XRP dan gagal karena pelaku tidak memiliki likuiditas yang cukup.

Baca Juga: Ripple XRP Melonjak di Q3: Pertumbuhan 5% di Pasar AS dan Penjualan 892 Juta XRP!

Paolo Ardoino, Chief Technology Officer Bitfinex, mengkonfirmasi bahwa transaksi tersebut ditandai sebagai ‚Äúpartial payment‚ÄĚ. Hal ini merupakan salah satu cara Bitfinex dalam mengidentifikasi dan mencegah serangan. Meskipun transaksi ini tampak besar, nyatanya hanya beberapa sen XRP yang berpindah tangan.

Keamanan Bitfinex Teruji

obligasi tether bitfinex

Bitfinex telah menunjukkan kemampuannya dalam menangani serangan crypto. Sistem mereka berhasil mengidentifikasi dan menggagalkan upaya peretasan ini. Ardoino menyatakan bahwa Bitfinex menangani data ‚Äúdelivered_amount‚ÄĚ dengan tepat, sehingga mencegah kerugian yang mungkin terjadi.

Serangan ini menyoroti pentingnya keamanan dalam industri crypto. Di tahun 2023, pengguna crypto kehilangan hampir $2 miliar akibat penipuan, pencurian, dan peretasan. Kasus ini menjadi pengingat bagi semua pelaku industri untuk terus meningkatkan sistem keamanan mereka.

Implikasi Pasar dan Masa Depan

Meskipun upaya peretasan ini gagal, dampaknya terhadap pasar crypto cukup signifikan. Kejadian ini menimbulkan kekhawatiran di kalangan investor dan pengguna crypto. Namun, kegagalan peretasan ini juga menunjukkan bahwa sistem keamanan yang kuat dapat melindungi aset digital dari serangan.

Ke depannya, keamanan akan menjadi faktor kunci dalam kepercayaan investor crypto terhadap crypto. Bursa crypto dan pengembang blockchain harus terus berinovasi untuk menghadapi ancaman keamanan yang semakin canggih.

Kesimpulan

Upaya peretasan Bitfinex yang gagal ini adalah bukti bahwa keamanan dalam dunia crypto tidak bisa dianggap remeh. Kejadian ini menegaskan pentingnya sistem keamanan yang kuat dan responsif dalam melindungi aset digital. Bagi kamu yang terlibat dalam dunia crypto, kejadian ini harus dijadikan pelajaran untuk selalu waspada dan mengutamakan keamanan.

Baca Juga: XRPL Pecahkan Rekor Transaksi Harian Sebesar 6,8 Juta, Apakah Ini Waktunya XRP To the Moon?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->