Meski Pasar NFT Global Anjlok 22%, NFT Trump Terus Melonjak!

Updated
February 1, 2024
Gambar Meski Pasar NFT Global Anjlok 22%, NFT Trump Terus Melonjak!

Dilansir dari Crypto News (30/1/24), pasar global untuk non-fungible token (NFT) telah mengalami tren penurunan dalam volume perdagangan, menandai penurunan yang konsisten untuk minggu ketiga Januari 2024.

Menurut angka terbaru dari CryptoSlam.io, agregator data on-chain terkemuka, volume penjualan perdagangan di sektor NFT telah turun menjadi $223 juta selama seminggu terakhir. Ini merupakan penurunan signifikan sebesar 22,5% dibandingkan dengan angka minggu sebelumnya.

Baca juga: Pudgy Penguins Meluncurkan OverpassIP: Terobosan Lisensi NFT yang Menggemparkan!

Meski begitu, pasar NFT telah mengamati peningkatan jumlah peserta aktif. Data terbaru menunjukkan bahwa lebih dari 734.000 kolektor terlibat dalam pembelian NFT di berbagai platform dalam seminggu terakhir.

Lonjakan ini, sebesar 34%, menunjukkan minat yang meningkat pada non-fungible token meskipun terjadi penurunan volume perdagangan secara keseluruhan.

Wash Trading Merajalela di Solana dan Avalanche

Namun, wash trading telah sangat tinggi, terutama di seluruh koleksi Solana dan Avalanche. Wash trading adalah bentuk manipulasi pasar di mana seorang investor secara bersamaan menjual dan membeli NFT yang sama untuk menciptakan aktivitas pasar yang menyesatkan dan artifisial.

Tingginya tingkat wash trading di Solana dan Avalanche menunjukkan sebagian besar transaksi NFT mereka mungkin bersifat artifisial, yang berpotensi meningkatkan aktivitas pasar yang dirasakan dan mendistorsi indikator ekonomi yang sebenarnya.

Koleksi Trump NFT Melonjak, Ethereum dan Solana Turun

Lebih lanjut, koleksi Bitcoin Ordinals mengalami pukulan terberat di bulan Januari, karena penjualannya turun hampir 35%. NFT berbasis Ethereum dan Solana juga mengalami penurunan yang signifikan.

Baca juga: Kejutan Kekayaan Trump dari Meme Coin ‚ÄėMAGA‚Äô yang Melonjak 222% dalam Seminggu!

nft trump
Pergerakan harga dasar mingguan koleksi TRUMP2 | Sumber: CoinGecko

Namun, non-fungible token di Polygon mengalami peningkatan penjualan sebesar 70% bulan ini. Koleksi Polygon yang paling populer, Trump Digital Trading Cards Series 2, mengalami peningkatan harga dasar sebesar 25%. Ini berpotensi karena hype seputar musim pemilihan saat ini di AS dan kampanye Trump.

Di sisi lain, koleksi populer berbasis Ethereum mengalami penurunan yang nyata dalam beberapa minggu terakhir, dengan harga dasar CryptoPunks dan BAYC keduanya turun hampir 8% dalam dua minggu terakhir.

Pasar NFT Bergeser dan Beragam

Meskipun pasar pulih secara signifikan dari tren turun yang berkepanjangan di Q4 2023, tampaknya kembali melalui fase¬†bearish, mungkin merupakan indikasi minat pengguna beralih ke jaringan yang kurang populer ‚ÄĒ seperti koleksi berbasis Polygon dan Avalanche ‚ÄĒ yang keduanya telah mengalami pertumbuhan luar biasa bulan ini.

Tampaknya bisnis NFT mungkin bergeser dan beragam, daripada benar-benar menyusut.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->