Vitalik Buterin Dukung ERC-4337 untuk Abstraksi Akun

Updated
March 4, 2024
Gambar Vitalik Buterin Dukung ERC-4337 untuk Abstraksi Akun

Vitalik Buterin, salah satu pendiri Ethereum, baru-baru ini menekankan tentang transformasi yang diperlukan dari ERC-4337 sebagai langkah penting untuk mencapai perkembangan signifikan yang disebut abstraksi akun pada blockchain Ethereum.

Ia mencatat bahwa dengan memecahkan masalah utama sambil menyediakan desentralisasi dan ketahanan terhadap sensor, ERC-4337 menjadi sensasi baru di antara komunitas dan membuka jalan bagi mata uang digital lainnya untuk diciptakan. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Abstraksi Akun: Menuju Sistem Akun yang Sepenuhnya Abstrak

ERC-4337 merupakan standar baru yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan blockchain Ethereum tanpa harus mengelola kunci pribadi mereka sendiri.

Hal ini dicapai dengan menggunakan smart contract yang disebut ‚Äúpaymaster‚ÄĚ yang membayar biaya transaksi atas nama pengguna. Abstraksi akun memiliki sejumlah keunggulan, termasuk peningkatan keamanan, kemudahan penggunaan, dan skalabilitas.

Baca Juga: Ethereum Siap Tembus $4.000? Investor Pindahkan $2 Miliar ke Penyimpanan Jangka Panjang

Desentralisasi dan Keamanan yang Ditingkatkan

komponen inti erc 4337
Sumber: Medium

Salah satu komponen penting dari ERC-4337 adalah memastikan bahwa transaksi berhasil dimasukkan ke dalam blockchain. Pengguna dapat menempatkan transaksi di mempool dan hanya berharap bahwa transaksi tersebut ditambahkan dengan alasan mereka membayar biaya yang ditentukan untuk itu.

Ini sekarang tidak lagi memerlukan kehadiran aktor sentral, sistem reputasi, atau layanan eksternal, yang menyediakan pembuatan akun dan karenanya memperkenalkan desentralisasi dan meningkatkan pengalaman pengguna.

Selain itu, ERC-4337 membuat perbedaan antara proses validasi transaksi dari eksekusinya. Fase validasi adalah untuk memastikan transaksi membayar biaya yang sesuai dan menghindari serangan DoS pada mempool. Akibatnya, isolasi kreatif membuat sistem lebih andal dan efektif.

Baca Juga: ENS Selesaikan Sengketa Domain eth.link Setelah DAO Setujui Penyelesaian $300.000

Fitur Lanjutan dan Keterbatasan

Di antara fitur-fitur penting dari ERC-4337 adalah fungsionalitas ‚Äúpaymaster‚ÄĚ, yang memungkinkan pemisahan pembayaran dan inisiasi transaksi, di samping agregasi tanda tangan yang secara signifikan mengurangi persyaratan data on-chain. Kemajuan ini tidak hanya berkontribusi pada penghematan biaya bagi pengguna tetapi juga mendukung solusi skalabilitas.

Namun, Buterin menunjukkan bahwa sementara ERC-4337 mengatasi banyak tantangan dalam jaringan Ethereum, itu tidak menyelesaikan setiap masalah. Secara khusus, ERC-4337 tidak memfasilitasi operasi yang didanai oleh pihak ketiga atau peningkatan EOA-ke-kontrak secara langsung, yang mungkin memerlukan Proposal Perbaikan Ethereum tambahan seperti EIP-3074 dan EIP-5003 untuk solusi komprehensif.

Kesimpulan

Terlepas dari keterbatasan ini, momentum di balik ERC-4337 dan abstraksi akun tidak dapat disangkal. Optimisme Buterin tentang kemajuan menuju sistem akun yang sepenuhnya abstrak menggarisbawahi potensi perkembangan ini untuk merevolusi kegunaan dan keamanan Ethereum.

Karena komunitas terus mengeksplorasi dan menyempurnakan konsep-konsep ini, kontribusi dan dedikasi dari mereka yang mendorong inovasi ini tidak luput dari perhatian. Dengan ERC-4337, Ethereum mengambil langkah maju yang signifikan dalam evolusinya, menjanjikan ekosistem blockchain yang lebih inklusif, terdesentralisasi, dan efisien.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->