Investigasi terhadap Ethereum Foundation oleh Otoritas Negara

Updated
March 21, 2024
Gambar Investigasi terhadap Ethereum Foundation oleh Otoritas Negara

Jakarta, Pintu News – Ethereum Foundation, organisasi nirlaba Swiss yang memainkan peran sentral dalam ekosistem Ethereum, saat ini sedang diselidiki oleh otoritas negara yang tidak diungkapkan.

Pengungkapan ini muncul setelah perubahan pada situs web Ethereum Foundation yang menghilangkan indikasi bahwa yayasan tersebut tidak berada di bawah penyelidikan rahasia. Perubahan tersebut, yang terjadi pada 26 Februari, tidak disertai penjelasan dan dilakukan oleh pengembang front-end Ethereum freelance, Pablo Pettinari.

Poin Utama

  • Otoritas negara yang tidak diungkapkan sedang menyelidiki Ethereum Foundation.
  • Investigasi ini terjadi di tengah perubahan teknologi signifikan untuk Ethereum, termasuk upgrade Dencun baru-baru ini.
  • Situs web Ethereum Foundation telah menghapus “warrant canary” dan pengungkapan mengenai pertanyaan pemerintah.
  • Seorang pengacara yang akrab dengan situasi ini menyarankan bahwa regulator Swiss mungkin bekerja sama dengan SEC AS.

Latar Belakang dan Implikasi

ethereum di bursa
Sumber: Crypto.com

Investigasi ini menarik perhatian karena bertepatan dengan periode perubahan teknologi yang signifikan untuk Ethereum, termasuk upgrade Dencun yang bertujuan untuk menurunkan biaya transaksi bagi pengguna platform layer-2 berbasis Ethereum.

Selain itu, investor di Amerika Serikat sedang menantikan hasil dari beberapa aplikasi untuk ETF Ethereum, yang sedang dievaluasi oleh SEC dengan batas waktu akhir pada akhir Mei.

Baca Juga: Persiapan untuk Musim Altcoin Berikutnya: Berikut Panduan dan Rekomendasinya!

Sebelum perubahan GitHub, situs web Ethereum Foundation mengungkapkan bahwa tidak ada lembaga di seluruh dunia yang pernah menghubungi organisasi tersebut dengan cara yang mengharuskan non-pengungkapan.

Situs web juga menampilkan “warrant canary”, sebuah peringatan visual yang menandakan bahwa yayasan tersebut belum pernah menerima panggilan pengadilan rahasia pemerintah atau permintaan dokumen. Namun, commit pada 26 Februari menghapus baik pengungkapan maupun “warrant canary”.

Spekulasi dan Tanggapan

Rincian seputar investigasi, termasuk ruang lingkup dan fokusnya, masih belum jelas. Ethereum Foundation belum menanggapi permintaan komentar, meninggalkan banyak spekulasi di komunitas crypto tentang sifat penyelidikan tersebut.

Seorang pengacara yang akrab dengan situasi ini menyarankan bahwa regulator Swiss mungkin telah melayangkan permintaan dokumen kepada yayasan tersebut dan bisa jadi bekerja sama dengan SEC.

Baca Juga: EtherFi Mengumumkan Airdrop Besar-Besaran, Siapakah yang Beruntung?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->