Bitcoin Futures Meroket! Open Interest Capai $38 Miliar

Updated
March 30, 2024
Gambar Bitcoin Futures Meroket! Open Interest Capai $38 Miliar

Jakarta, Pintu News ‚Äď Perkembangan terbaru dalam dunia perdagangan aset kripto menunjukkan lonjakan signifikan dalam aktivitas Bitcoin futures.

Open interest, yang merupakan ukuran dari total nilai semua kontrak Bitcoin futures yang belum diselesaikan di bursa terpusat, telah mencapai rekor tertinggi baru di angka $38 miliar.

Kenaikan ini mencerminkan peningkatan aktivitas perdagangan dan sentimen positif di sekitar mata uang kripto terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar tersebut.

Open Interest Bitcoin Futures Tembus Rekor

Menurut data dari CoinGlass, open interest gabungan untuk Bitcoin futures mencapai level tertinggi baru di angka $38 miliar pada hari Jumat (29/3/24).

Baca juga: ETF Bitcoin Spot Raih 500.000 BTC, Bagaimana Prospeknya?

Sejak awal tahun 2024, open interest harian dalam Bitcoin futures telah meningkat lebih dari 100% dari $17,2 miliar pada tanggal 1 Januari. Kenaikan ini sejalan dengan lonjakan harga Bitcoin hingga mencapai $70.000, yang menandai peningkatan sebesar 66% sejak awal tahun.

Open interest merupakan indikator penting yang mencerminkan aktivitas pasar dan sentimen pedagang terhadap aset tertentu. Angka open interest saat ini menunjukkan peningkatan aktivitas pasar dan kepercayaan pedagang terhadap Bitcoin.

Sumber: The Block

Hal ini juga didukung oleh volume perdagangan Bitcoin futures yang mencapai lebih dari $2,3 triliun pada bulan Maret di berbagai bursa, tertinggi sejak Mei 2021.

Ethereum Futures Juga Mengalami Peningkatan

Selain Bitcoin, Ethereum futures juga mengalami peningkatan yang signifikan. Total open interest untuk Ethereum futures saat ini berada di angka $13,8 miliar, menandai kenaikan hampir 90% sejak awal tahun 2024.

Harga perdagangan Ethereum telah mencapai $3.500, mencerminkan kenaikan lebih dari 53% sejak awal tahun.

Kenaikan open interest di pasar Ethereum futures menunjukkan meningkatnya minat dan kepercayaan pedagang terhadap aset kripto terbesar kedua ini.

Ethereum telah menjadi platform yang populer untuk aplikasi terdesentralisasi (DApps) dan kontrak pintar, yang mendorong permintaan terhadap mata uang kripto ini.

Baca juga: Ethereum Alami Lonjakan Aktivitas, Berkat Pengenalan Blobs?

Pengaruh ETF Bitcoin terhadap Pasar

Dalam beberapa bulan terakhir, peluncuran Bitcoin spot exchange-traded funds (ETF) oleh perusahaan-perusahaan besar seperti BlackRock telah memberikan pengaruh yang signifikan terhadap sentimen pasar.

ETF ini memungkinkan investor untuk memperdagangkan Bitcoin tanpa harus membeli aset kripto secara langsung. Hal ini telah menarik minat investor institusional dan ritel, yang berdampak pada peningkatan permintaan dan harga Bitcoin.

Hingga saat ini, total arus masuk bersih ke Bitcoin spot ETF telah mencapai lebih dari $12 miliar. Masuknya dana segar ini telah memberikan dukungan tambahan bagi pasar Bitcoin dan berkontribusi terhadap kenaikan harga yang signifikan.

Secara keseluruhan, lonjakan open interest Bitcoin futures hingga mencapai $38 miliar menunjukkan peningkatan aktivitas perdagangan dan sentimen positif di sekitar mata uang kripto terbesar di dunia tersebut.

Ethereum futures juga mengalami kenaikan yang signifikan, mencerminkan meningkatnya minat dan kepercayaan pedagang terhadap aset kripto terbesar kedua ini. Peluncuran Bitcoin spot ETF telah memberikan pengaruh yang positif terhadap pasar, menarik minat investor institusional dan ritel, serta mendorong permintaan dan harga Bitcoin.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->