Kebangkitan Bitcoin: Ancaman Baru bagi Raksasa Teknologi dan Emas?

Updated
March 31, 2024
Gambar Kebangkitan Bitcoin: Ancaman Baru bagi Raksasa Teknologi dan Emas?

Jakarta, Pintu News ‚Äď Dalam perjalanan fenomenalnya tahun ini, Bitcoin telah mencatatkan rekor baru dengan mencapai harga tertinggi sepanjang masa sebesar $73.679 pada 13 Maret 2024.

Kinerja mengesankan ini tidak hanya menandai kenaikan lebih dari 140% dibandingkan tahun lalu, tetapi juga menempatkan Bitcoin sebagai salah satu aset paling berharga, bahkan melampaui perak dalam daftar komoditas global berdasarkan kapitalisasi pasar.

Fenomena ini menimbulkan pertanyaan besar: Apakah era baru keuangan digital sedang mendekat?

Pertarungan Menuju Puncak: Bitcoin vs. Raksasa Teknologi

Bitcoin, dengan pertumbuhan eksponensialnya, kini tidak hanya menjadi topik hangat di kalangan investor crypto tetapi juga mulai menggoyahkan posisi perusahaan teknologi besar.

Baca juga: Bitcoin Menuju $75.000: Harapan Baru atau Hanya Mimpi Semu?

Jika pertumbuhan Bitcoin terus berlanjut dengan laju saat ini, diperkirakan akan mencapai harga sekitar $170.574 pada awal April 2025. Angka ini akan menempatkannya di atas raksasa seperti Amazon, Alphabet (Google), dan bahkan Microsoft, menantang dominasi mereka di pasar.

Dengan kapitalisasi pasar saat ini, Bitcoin hanya perlu sedikit dorongan untuk melampaui perusahaan-perusahaan besar tersebut.

Misalnya, untuk mengungguli Google, Bitcoin hanya perlu mencapai harga sekitar $95.642. Angka ini sepertinya tidak terlalu jauh mengingat tren pertumbuhan yang telah ditunjukkan Bitcoin baru-baru ini.

Bitcoin vs. Emas

bitcoin dan emas
Sumber: ETF Stream

Tidak hanya perusahaan teknologi, Bitcoin juga berpotensi mengguncang pasar komoditas tradisional seperti emas.

Dengan kapitalisasi pasar saat ini, Bitcoin hanya memerlukan lonjakan harga menjadi sekitar $800.476 per BTC untuk mengalahkan kapitalisasi pasar emas yang berada di angka $15.141 triliun.

Walaupun ini terdengar seperti angka yang fantastis, pertumbuhan tahunan Bitcoin yang telah mencapai 144,82% memberikan harapan bahwa hal ini bukanlah mimpi belaka.

Bitcoin vs. Perak

Jika kapitalisasi pasar perak tetap pada nilai saat ini sebesar $1,412 triliun, Bitcoin dapat melampauinya lagi dengan meningkatkan titik harga saat ini dari $69.678 (pada saat artikel ini diterbitkan) menjadi $71.732.

Hal ini akan memberikan Bitcoin total kapitalisasi pasar sekitar $1,413 triliun dan kepemilikan tunggal pada posisi kedelapan dalam daftar.

Baca juga: Bitcoin Futures Meroket! Open Interest Capai $38 Miliar

Microsoft

microsoft infura network
Sumber: MoneyControl

Posisi keempat dan ketiga dalam daftar ditempati oleh Nvidia dan Apple. Bitcoin harus mencapai total nilai pasar sekitar $2,65 triliun untuk meluncur ke posisi ketiga dan memiliki kesempatan untuk menyingkirkan Microsoft dari posisi kedua.

Angka yang harus dikalahkan di sana, jika Bitcoin ingin melampaui batas $3,126 triliun milik Microsoft dan mencapai posisi kedua dalam daftar, adalah sekitar $165.608 per BTC.

Meskipun ini mungkin tampak tinggi mengingat harganya saat ini yang hanya di bawah $70.000, perlu diingat bahwa harga Bitcoin meningkat sekitar 144,82% dari tahun ke tahun dari April 2023 hingga akhir Maret 2024.

Jika Bitcoin meningkat 144,82% di tahun depan, dari nilai saat ini $69.678, nilainya akan mencapai sekitar $170.574.

Pada harga ini, kapitalisasi pasarnya akan mencapai sekitar $3,224 triliun, lebih dari cukup untuk menyalip Microsoft.

Dengan pertumbuhan tahunan yang konsisten dan minat yang semakin meningkat dari investor institusional, Bitcoin berpotensi tidak hanya mengubah peta keuangan global tetapi juga menetapkan standar baru dalam aset digital.

Dalam dunia keuangan yang terus berubah, Bitcoin menawarkan visi masa depan di mana crypto tidak hanya diakui sebagai aset spekulatif, tetapi sebagai komponen utama dalam portofolio investasi diversifikasi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->