Pendanaan Modal Ventura Kripto Melonjak 52% di Maret 2024, Optimism (OP) Raih Porsi Terbesar!

Updated
April 3, 2024
Gambar Pendanaan Modal Ventura Kripto Melonjak 52% di Maret 2024, Optimism (OP) Raih Porsi Terbesar!

Jakarta, Pintu News ‚Äď Maret 2024 menjadi saksi kebangkitan spektakuler dalam dunia investasi crypto, dengan dana modal ventura (VC) yang mengalir ke dalam sektor ini melonjak sebesar 52,5% dari bulan sebelumnya.

Total investasi mencapai angka mengejutkan sebesar $1,16 miliar, terutama diarahkan pada proyek infrastruktur dan keuangan terdesentralisasi (DeFi).

Fenomena ini menandai momentum penting dan mungkin menjadi pertanda awal dari era baru dalam investasi crypto.

Peningkatan Signifikan dalam Pendanaan VC

Mekanisme Modal Ventura

Bulan Maret mencatatkan diri sebagai bulan dengan jumlah investasi VC tertinggi sejak April 2022, dengan 180 investasi yang diumumkan secara publik berhasil mengamankan dana.

Baca juga: Dalam Sentimen Bullish, Perusahaan Modal Ventura Berbondong-bondong Masuk ke Pasar Crypto!

Angka tersebut menunjukkan peningkatan yang signifikan, baik dari segi jumlah maupun nilai investasi, dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Sektor infrastruktur dan DeFi menjadi fokus utama, menarik hampir seperempat dari total pendanaan VC.

Sebagian besar proyek yang didanai berbasis di Amerika Serikat, meskipun hanya menyumbang kurang dari 10% dari total jumlah kesepakatan. Ini menunjukkan bahwa sementara AS tetap menjadi pusat inovasi crypto, investasi mulai menyebar ke berbagai wilayah lainnya, menandakan diversifikasi geografis dalam ekosistem crypto.

Optimism dan Zama Memimpin Pendanaan

10 transaksi terbesar di bulan Maret berdasarkan jumlah dana yang terkumpul. Sumber: RootData

Blockchain Ethereum layer-2, Optimism, berhasil mengumpulkan dana terbesar bulan ini dengan menjual token senilai $89 juta dalam sebuah kesepakatan privat. Ini menunjukkan kepercayaan investor yang tinggi terhadap potensi jangka panjang dari solusi skalabilitas yang ditawarkan oleh Optimism.

Startup kriptografi Zama mengikuti di posisi kedua dengan pendanaan Seri A sebesar $73 juta, menyoroti minat yang tumbuh pada solusi privasi data.

Kedua kesepakatan ini menandai titik terang dalam lanskap investasi crypto, menunjukkan bahwa meskipun pasar mengalami fluktuasi, investor VC tetap optimis terhadap inovasi dan potensi pertumbuhan jangka panjang dalam sektor ini.

Baca juga: Jepang Buka Pintu Lebar untuk Investasi Crypto dan Web3 oleh Perusahaan Modal Ventura!

Tren dan Proyeksi Masa Depan

Peningkatan pendanaan VC di bulan Maret bukan hanya sebuah anomali tetapi lebih merupakan indikasi dari kebangkitan minat terhadap crypto.

Dengan VC yang secara aktif mencari proyek-proyek inovatif, terutama di sektor infrastruktur dan DeFi, kita mungkin akan menyaksikan lebih banyak inovasi dan pertumbuhan dalam ekosistem crypto.

Kesuksesan pendanaan di bulan Maret juga menandakan potensi pemulihan dan pertumbuhan yang berkelanjutan di pasar crypto, setelah tahun 2023 yang relatif tenang pasca kolapsnya FTX.

Hal ini bisa menjadi awal dari era baru dalam investasi crypto, dengan lebih banyak dana VC yang siap mengalir ke dalam proyek-proyek inovatif dan berpotensi mengubah lanskap keuangan digital.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured image: Meaninhind

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->