Market Anjlok Puluhan Persen, Mengapa Crypto Turun Hari Ini (2/4/24)?

Updated
April 2, 2024
Gambar Market Anjlok Puluhan Persen, Mengapa Crypto Turun Hari Ini (2/4/24)?

Jakarta, Pintu News ‚Äď Dunia crypto mengalami kejutan besar saat memasuki kuartal kedua, dengan Bitcoin memimpin penurunan tajam yang menyeret seluruh pasar ke dalam jurang. Likuidasi besar-besaran terjadi di seluruh jaringan, memicu kepanikan di kalangan investor. Namun, apa sebenarnya yang menyebabkan penurunan mendadak ini?

Bitcoin dan Ethereum Terjun Bebas

mengapa crypto turun hari ini
The image created by AI

Bitcoin, mata uang crypto terkemuka, mengalami penurunan dramatis hingga menyentuh angka $66.000, sementara Ethereum sempat tergelincir ke $3.319. Penurunan harga yang cepat ini memicu gelombang likuidasi besar-besaran di seluruh pasar.

Dalam waktu hanya satu jam, jaringan Bitcoin mengalami likuidasi senilai $157 juta, didominasi oleh penutupan posisi long yang mencapai $144 juta.

Dampak dari penurunan Bitcoin terasa di seluruh dunia, dengan Ethereum turun 6,71% dalam 24 jam terakhir dan Solana mengalami penurunan tajam sebesar 9,32%. Ini berarti kerugian sebesar $92,26 juta untuk Ethereum dan $17 juta untuk Solana.

Baca Juga: Harga Ethereum Merosot 6% Hari ini (2/4), Angka di Bawah $3.000 akan Jadi Kenyataan?

Meme Coins Menjadi Sorotan

Dalam kejadian yang tidak terduga, likuiditas tampaknya beralih dari Bitcoin dan altcoin utama ke meme coins, menciptakan apa yang disebut analis sebagai ‚Äėbull market aneh‚Äô. Sementara cryptocurrency tradisional mengalami aliran keluar, kapitalisasi total meme coins melonjak hingga mencapai $70 miliar.

Lonjakan kapitalisasi meme coins sebagian besar disebabkan oleh aktivitas frenetik di sekitar token yang baru diluncurkan seperti ‚Äėdogwifhat‚Äô dan ‚ÄėBook of Meme‚Äô, serta kebangkitan kembali meme coins lama seperti Pepe dan Bonk.

Kesimpulan

Ketidakpastian pasar crypto saat ini menyoroti volatilitas yang melekat dalam ekosistem digital ini. Dengan halving Bitcoin yang akan datang dan perubahan dinamis dalam preferensi investor, penting bagi kamu untuk tetap waspada dan terinformasi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->