Bitcoin: Akumulasi Bitcoin Whale Sebelum Halving, Siap-siap Harga Meroket!

Updated
April 13, 2024
Gambar Bitcoin: Akumulasi Bitcoin Whale Sebelum Halving, Siap-siap Harga Meroket!

Peristiwa halving Bitcoin yang akan berlangsung pada tanggal 20 April mendatang, di mana hadiah blok Bitcoin akan dikurangi menjadi 3,125 BTC per blok, telah menarik perhatian para whale Bitcoin.

Dalam seminggu terakhir, mereka telah mengakumulasi sejumlah besar BTC. Meningkatnya permintaan dari whale Bitcoin ini mengindikasikan sentimen pasar crypto yang bullish menjelang halving keempat Bitcoin.

Permintaan Whale Bitcoin Capai Titik Tertinggi

Permintaan Whale Bitcoin Capai Titik Tertinggi

Menurut data yang dibagikan oleh perusahaan analitik crypto CryptoQuant, permintaan Bitcoin dari whale Bitcoin belum pernah sekuat ini. Untuk pertama kalinya, permintaan dari ‚Äúpermanent holders‚ÄĚ telah melampaui pasokan Bitcoin baru di pasar.

Baca Juga: Worldcoin: Dari Mata Uang Identitas hingga Pembelian Kambing

Hal ini menunjukkan bahwa jumlah Bitcoin baru yang diproduksi melalui penambangan Bitcoin tidak cukup untuk memenuhi permintaan investor crypto, dan kelangkaan ini hanya akan semakin meningkat setelah halving Bitcoin.

Meningkatnya permintaan dari whale Bitcoin, ditambah dengan masuknya arus Bitcoin spot, akan memberikan tekanan ke atas pada harga mata uang crypto teratas ini. Dalam jangka menengah dan panjang, tren ini berpotensi mendorong nilai Bitcoin lebih jauh.

Halving Bitcoin: Dampak pada Harga dan Penambang

Halving Bitcoin merupakan peristiwa penting bagi ekosistem crypto dan sering kali didahului dan diikuti oleh aksi harga yang euforia. Secara historis, setiap bull run dimulai beberapa bulan sebelum halving sebagai antisipasi atas berkurangnya pasokan BTC. Setelah halving, harga BTC naik berkali-kali lipat karena pasokan yang menurun dan ketidakseimbangan permintaan-penawaran yang semakin lebar.

Selain berdampak langsung pada pasokan, halving BTC juga memengaruhi para penambang yang bertanggung jawab untuk memverifikasi transaksi dan menambahkan blok baru ke blockchain.

Setiap halving memotong jumlah BTC yang diperoleh penambang hingga setengahnya, sehingga meningkatkan biaya penambangan BTC baru. Oleh karena itu, harga BTC harus naik ke level tertentu agar para penambang tetap beroperasi secara menguntungkan.

Akumulasi Whale Bitcoin: Sinyal Bullish untuk Pasar Crypto

Fase akumulasi paus Bitcoin merupakan sinyal bullish untuk pasar crypto, menunjukkan bahwa pemegang BTC besar memindahkan kepemilikan mereka ke dompet dingin sebagai antisipasi kenaikan harga.

Saat ini, biaya rata-rata untuk menambang satu Bitcoin adalah sekitar $49.000, yang masih menguntungkan pada harga perdagangan saat ini sekitar $70.000. Namun, setelah halving, harga BTC harus melewati $80.000 agar para penambang tetap beroperasi dengan keuntungan.

Penutup

Peristiwa halving Bitcoin yang akan datang telah menarik perhatian para whale Bitcoin, yang telah mengakumulasi sejumlah besar BTC dalam seminggu terakhir. Meningkatnya permintaan dari whale Bitcoin, ditambah dengan masuknya arus Bitcoin spot, akan memberikan tekanan ke atas pada harga Bitcoin. Dalam jangka menengah dan panjang, tren ini berpotensi mendorong nilai Bitcoin lebih jauh.

Baca Juga: BlackRock Pecahkan Rekor Baru dengan Aset Kelolaan Capai $10,5 Triliun

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca

Referensi

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->