Hong Kong Resmikan ETF Bitcoin dan Ethereum Spot Pertama, Siap Jadi Pusat Kripto Regional!

Updated
April 16, 2024
Gambar Hong Kong Resmikan ETF Bitcoin dan Ethereum Spot Pertama, Siap Jadi Pusat Kripto Regional!

Jakarta, Pintu News ‚Äď Hong Kong baru-baru ini mengumumkan persetujuan terhadap ETF (exchange-traded funds) yang berbasis Bitcoin dan Ethereum, langkah besar dalam ambisinya menjadi pusat crypto global.

Ini merupakan momen penting, karena Hong Kong adalah salah satu dari sedikit pasar Asia yang mengintegrasikan ETF crypto ke dalam sistem keuangannya.

Persetujuan ETF Crypto Spot Pertama di Hong Kong

Hong Kong telah menjadi negara terbaru yang menyetujui dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) untuk Bitcoin dan Ethereum dengan regulator lokal mengeluarkan persetujuan kepada setidaknya tiga emiten lokal.

Baca juga: Pasar Crypto Tunjukkan Sinyal Rebound, Kapitalisasi Pasar Crypto Sentuh $2,43 Triliun!

Menurut laporan Reuters, Komisi Sekuritas dan Bursa Berjangka Hong Kong (SFC) secara bersyarat menyetujui ETF BTC dan ETH spot pertamanya pada 15 April 2024.

Setidaknya tiga manajer aset luar negeri Tiongkok, termasuk unit Hong Kong dari Harvest Fund Management, Bosera Asset Management dan China Asset Management (ChinaAMC), akan segera meluncurkan ETF spot Bitcoin dan Ethereum.

Detail Peluncuran ETF Crypto Spot di Hong Kong

Bosera akan meluncurkan ETF kripto spot bekerja sama dengan HashKey Capital yang berbasis di Hong Kong. OSL Digital Securities, sebuah platform aset digital berlisensi di Hong Kong, akan bertindak sebagai sub-kustodian untuk ChinaAMC dan Harvest.

Regulator sekuritas Hong Kong menerbitkan surat otorisasi bersyarat untuk aplikasi ETF jika secara umum memenuhi persyaratannya, dengan tunduk pada berbagai persyaratan, termasuk pembayaran biaya, pengarsipan dokumen, dan persetujuan pencatatan Bursa Efek Hong Kong (HKEX).

Regulator Hong Kong dilaporkan telah menyetujui bahwa ETF spot Bitcoin dan Ethereum akan diluncurkan sebagai ETF dalam bentuk barang, yang berarti saham ETF baru dapat diterbitkan dengan menggunakan BTC dan ETH.

Model penciptaan in-kind berlawanan dengan model penebusan cash-create, yang memungkinkan penerbit menciptakan saham ETF baru hanya dengan uang tunai. ETF Bitcoin Spot saat ini menggunakan model penciptaan tunai di Amerika Serikat karena regulator sekuritas setempat memilih metode penebusan ini.

Baca juga: Hong Kong Siap Luncurkan ETF Ethereum Spot, Berpotensi Kalahkan Amerika Serikat!

Hong Kong Bersiap Menjadi Pusat Kripto

Berbeda dengan tindakan keras yang lebih luas di daratan Tiongkok terhadap perdagangan dan penambangan mata uang kripto, Hong Kong telah menggelar sambutan hangat bagi perusahaan kripto tahun lalu.

Pada bulan Juni 2023, Hong Kong secara resmi memulai rezim lisensi kripto untuk platform perdagangan kripto, yang memungkinkan bursa berlisensi untuk menawarkan layanan perdagangan ritel.

Hingga saat ini, Hong Kong telah memberikan lisensi kepada dua platform ‚ÄĒ HashKey dan OSL.

Sementara itu, Adrian Wang, kepala eksekutif perusahaan manajemen aset digital yang berbasis di Asia, Metalpha, mengatakan kepada The Block bahwa ETF Ethereum spot yang akan datang dapat memperoleh banyak daya tarik.

‚ÄúSaya pikir ETF ETH bisa lebih berpengaruh dan penting dibandingkan dengan bitcoin, karena investor memiliki opsi untuk mendapatkan eksposur bitcoin dengan saham terkait bitcoin seperti perusahaan pertambangan, tetapi tidak ada saham terkait ETH hingga saat ini,‚ÄĚ kata Wang.

Hong Kong telah menyetujui ETF bitcoin dan ether spot pertama, menandai langkah maju yang signifikan dalam upayanya untuk menjadi pusat kripto regional.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Bulbapp

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->