Harga Bitcoin Kembali Merosot, Mengapa Crypto Turun Hari Ini (16/4/24)?

Updated
April 16, 2024
Gambar Harga Bitcoin Kembali Merosot, Mengapa Crypto Turun Hari Ini (16/4/24)?

Jakarta, Pintu News ‚Äď Setelah membukukan penurunan dramatis akhir pekan lalu dan sepanjang akhir pekan, pasar mata uang kripto melanjutkan lintasan penurunannya pada hari Senin (15/4/24).

BTC Berada di Level Teremdaj $62.380

Mengutip laporan Kitco (16/4/24), Bitcoin

(BTC)
berhasil mempertahankan support kunci di sekitar $62.000 selama akhir pekan, tetapi setelah bulls berhasil mendorong King Crypto mendekati $67.000 pada pukul 6 pagi EDT, mereka kehabisan tenaga dan bear mendapatkan kembali kendali atas pergerakan harga, mendorong BTC ke level terendah di dekat $62.380 setelah pukul 15:00 EDT.

Baca juga: Solana Price Prediction: Siap Melesat Tinggi dengan Formasi Rounding Bottom!

Sumber: Trading View

Pada saat artikel ini ditulis, Bitcoin diperdagangkan pada $63,514.73, turun 3.44% pada grafik 24 jam.

Saham-saham juga cenderung lebih rendah pada hari Senin, dengan ketiga indeks utama AS mengalami penurunan secara luas. Pada penutupan perdagangan, S&P, Dow dan Nasdaq ditutup lebih rendah, masing-masing turun 0,62%, 0,65%, dan 1,79%.

Arus ETF Negatif, tetapi Persetujuan Hong Kong akan Memberikan Dorongan

Aksi harga yang mengerikan baru-baru ini juga mendorong arus ETF ke wilayah negatif bersih, dengan produk investasi aset digital mencatatkan arus keluar sebesar $126 juta pada minggu lalu karena investor menjadi lebih ragu-ragu.

Secara regional, Amerika Serikat mengalami arus keluar terbesar sebesar $145 juta, dengan Kanada dan Swiss masing-masing mengalami arus keluar sebesar $6 juta dan $5,7 juta.

Dalam hal aset, Bitcoin mengalami arus keluar terbesar dengan $ 110 juta tetapi BTC masih mempertahankan arus masuk positif bulan ke bulan sebesar $ 555 juta.

‚ÄúShort-bitcoin mematahkan arus keluar selama 3 minggu, dengan arus masuk kecil sebesar US $ 1,7 juta, mungkin mengambil keuntungan dari pelemahan harga baru-baru ini,‚ÄĚ kata James Butterfill, kepala penelitian di Coinshares.

Secara relatif, Ethereum terpukul paling parah, dengan $29 juta arus keluar dari dana ETH minggu lalu, arus keluar minggu kelima berturut-turut.

Baca juga: Bitcoin dan Ethereum Mengalami Penurunan Arus Masuk Hingga $126 Juta!

Salah satu perkembangan yang seharusnya memberikan harapan bagi para pedagang adalah pengumuman hari Senin bahwa Hong Kong telah menyetujui dana yang diperdagangkan di bursa bitcoin dan ether (ETF) pertamanya.

Langkah ini menempatkan Hong Kong sebagai yurisdiksi pertama di Asia yang menerima dua mata uang kripto terbesar sebagai alat investasi utama, dan setidaknya tiga manajer aset luar negeri Tiongkok akan meluncurkan ETF spot BTC dan ETH dalam waktu dekat.

Komisi Sekuritas dan Futures Hong Kong (SFC) mengatakan bahwa mereka mengeluarkan surat otorisasi bersyarat untuk aplikasi ETF jika secara umum memenuhi persyaratannya, dengan tunduk pada berbagai persyaratan, termasuk pembayaran biaya, pengarsipan dokumen, dan persetujuan pencatatan Bursa Efek Hong Kong (HKEX).

Momentum Terhanti, Altcoin Menurun

Mayoritas dari 100 altcoin teratas mengalami penurunan nilai pada hari Senin (15/4) karena para trader menarik diri dari pasar kripto menunggu sinyal baru dari tren kenaikan baru untuk aset digital.

Sumber: Coin360

Core DAO (CORE) memimpin para peraih keuntungan dengan kenaikan 59,64% pada grafik 24 jam, diikuti oleh Bitcoin BEP2 (BTCB) yang naik 28,84% dan OKB (OKB) yang naik 12,37%. Starknet Token

(STRK)
memimpin kerugian dengan penurunan -8,64%, diikuti oleh penurunan 8,09% untuk Bittensor
(TAO)
dan penurunan -7,57% untuk Ethena
(ENA)
.

Kapitalisasi pasar mata uang kripto secara keseluruhan saat ini mencapai $2,32 triliun, dan tingkat dominasi Bitcoin adalah 53,66%.

Secara keseluruhan, pasar keuangan global, termasuk pasar crypto, menghadapi salah satu periode paling turbulen dalam beberapa tahun terakhir. Dengan ketidakpastian yang tinggi dan volatilitas yang meningkat, penting bagi kamu untuk mengikuti perkembangan pasar dan berhati-hati dalam mengambil keputusan investasi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->