Dampak Halving Bitcoin Terhadap Penambang: Tantangan dan Peluang

Updated
April 19, 2024
Gambar Dampak Halving Bitcoin Terhadap Penambang: Tantangan dan Peluang

Jakarta, Pintu News ‚Äď Saat dunia crypto bersiap untuk halving Bitcoin berikutnya, mata tertuju pada bagaimana peristiwa ini akan mempengaruhi penambang Bitcoin, baik yang berskala besar maupun kecil.

Halving, yang diperkirakan akan terjadi pada akhir pekan ini, secara tradisional dianggap sebagai pemicu untuk kenaikan harga Bitcoin karena penurunan suplai. Namun, lebih dari sekadar fluktuasi harga, halving mempengaruhi aspek operasional dan keberlanjutan penambangan Bitcoin. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Kesiapan Penambang Besar

mining race
Generated by AI

Penambang besar seperti CleanSpark dan Riot telah menyiapkan strategi untuk mengatasi pengurangan hadiah blok yang diakibatkan oleh halving. Menurut Isaac Holyoak dari CleanSpark, meskipun pendapatan bisa berkurang, penurunan kesulitan jaringan yang mungkin terjadi pasca-halving dapat memberi keuntungan tambahan bagi penambang yang tetap beroperasi.

Strategi ini termasuk efisiensi energi yang lebih baik dan penggunaan teknologi penambangan generasi baru yang lebih efektif. Penambang besar juga berinvestasi dalam perluasan operasional, baik secara horizontal dalam menambah hash rate maupun secara vertikal dengan mengintegrasikan rantai pasokan energi.

Baca Juga: Bitcoin Halving 2024: Apa yang Berbeda dari Halving 2020?

Kondisi Penambang Kecil

Sementara penambang besar mungkin melihat halving sebagai kesempatan, penambang kecil menghadapi tantangan yang lebih besar. Mereka yang tidak memiliki akses ke sumber energi murah atau teknologi penambangan terbaru mungkin akan kesulitan untuk tetap beroperasi dengan efektif.

Foundry, kolam penambangan Bitcoin terbesar, mencatat bahwa penambang kecil akan menghadapi kesulitan tambahan karena biaya operasional yang relatif lebih tinggi per unit hash rate. Selain itu, penambangan dari rumah, yang sebelumnya bisa menguntungkan, diperkirakan akan semakin sulit dilakukan.

Baca Juga: Sejarah Bitcoin Halving Tahun 2012 ‚Äď 2024, Ketahui Detailnya Disini!

Perspektif Jangka Panjang

Meski halving memang menimbulkan tantangan langsung bagi penambang, banyak yang tetap optimis tentang prospek jangka panjang. Penurunan inflasi tahunan Bitcoin menjadi 0,85% pasca-halving, membuatnya menjadi lebih langka dibandingkan emas.

Penambang besar dan analis industri melihat halving sebagai mekanisme yang, sementara meningkatkan tekanan dalam jangka pendek, pada akhirnya dapat memicu lonjakan harga Bitcoin yang lebih tinggi, mengkompensasi potensi penurunan pendapatan jangka pendek. Ketika permintaan terus meningkat, terutama dari produk ETF Bitcoin, tekanan harga yang naik dapat lebih dari menggantikan pengurangan pendapatan penambang.

Kesimpulan

Halving Bitcoin merupakan peristiwa signifikan yang tidak hanya mempengaruhi harga tetapi juga ekosistem penambangan. Bagi penambang besar, ini adalah kesempatan untuk memperkuat operasi dan memanfaatkan efisiensi.

Namun, bagi penambang kecil, halving menimbulkan tantangan yang mungkin memerlukan penyesuaian strategis atau bahkan keluar dari pasar. Melihat ke depan, halving menjanjikan dinamika baru dalam persaingan dan harga Bitcoin yang bisa mendefinisikan masa depan crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

  • Decrypt. How the Bitcoin Halving Will Affect Miners Big and Small. Diakses tanggal 19 April 2024
  • Featured Image: The Conversation
Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->