Ethereum di Jalur Keuntungan Tahunan $1 Miliar Berkat Proyek DeFi

Updated
April 19, 2024
Gambar Ethereum di Jalur Keuntungan Tahunan $1 Miliar Berkat Proyek DeFi

Jakarta, Pintu News ‚Äď Ethereum, blockchain terkemuka dalam ekosistem keuangan terdesentralisasi

(DEFI)
, diperkirakan mencatat keuntungan tahunan sebesar $1 miliar. Peningkatan ini didorong oleh lonjakan aktivitas DeFi yang signifikan, dengan Ethereum mengumpulkan pendapatan sebesar $365 juta hanya di kuartal pertama 2024.

Artikel ini akan mengeksplorasi faktor-faktor yang mendukung kenaikan pendapatan Ethereum dan dampaknya terhadap ekosistem DeFi secara keseluruhan. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Kenaikan Pendapatan dari Biaya Transaksi

pendapatan biaya transaksi
Keuntungan dan kerugian tahunan Ethereum sejak diluncurkan pada tahun 2015. Sumber: DeFi Report

Di kuartal pertama tahun ini, pendapatan biaya Ethereum‚ÄĒyang berasal dari biaya transaksi pengguna‚ÄĒmeningkat tajam menjadi $1,17 miliar. Ini menandai pertumbuhan 155% dari kuartal pertama tahun 2023 dan kenaikan 80% dari kuartal sebelumnya. Lonjakan ini terutama disebabkan oleh peningkatan transaksi DeFi yang terjadi selama periode tersebut.

Peningkatan aktivitas jaringan, yang ditandai oleh lonjakan transaksi harian, adalah salah satu pendorong utama pertumbuhan pendapatan. Jumlah transaksi harian rata-rata pada Ethereum di tahun 2024 telah melampaui angka tahun sebelumnya, mendekati puncak yang dicatat pada tahun 2021.

Baca Juga: Market Sempat Flash Dump, Mengapa Crypto Naik Hari Ini (19/4/24)?

Dampak Peralihan ke Bukti Kepemilikan

peralihan ethereum
Transaksi harian rata-rata Ethereum per tahun (biru) dan Ethereum yang di burn (merah muda). Sumber: DeFi Report

Peralihan Ethereum dari mekanisme konsensus bukti kerja ke bukti kepemilikan (proof-of-stake) pada September 2022 telah secara substansial mengurangi biaya insentif yang dibayarkan kepada penambang‚ÄĒkini menjadi validator‚ÄĒsekitar 80%. Pengurangan ini secara signifikan telah menurunkan biaya operasional jaringan, meningkatkan profitabilitas keseluruhan Ethereum.

Sejak peralihan tersebut, biaya Ethereum telah tumbuh rata-rata 58% setiap tahun sejak 2017. Pendekatan ini tidak hanya lebih ramah lingkungan tetapi juga memungkinkan skala yang lebih besar dan efisiensi yang lebih tinggi, menjadikan Ethereum platform yang lebih menarik untuk aplikasi DeFi.

Baca Juga: 5 Crypto Naik Hari Ini (19/4/24), Harga ONT Melonjak 34%

Proyeksi dan Harapan untuk Masa Depan

Analisis oleh Michael Nadeau dari The DeFi Report menunjukkan bahwa kecenderungan kenaikan likuiditas di tahun-tahun mendatang akan memberikan dukungan tambahan bagi aset berisiko seperti saham teknologi dan crypto berkualitas. Selain itu, perkiraan pemotongan suku bunga oleh Federal Reserve juga diperkirakan akan memberikan dukungan untuk aset berisiko.

Selanjutnya, berbagai inovasi dalam siklus produk dan meningkatnya minat pada ETF Bitcoin di AS diharapkan akan menjadi katalis yang mendorong bull run dalam tahun berikutnya. Ini menandakan bahwa Ethereum dan keseluruhan ekosistem crypto kemungkinan akan terus tumbuh dan berkembang.

Kesimpulan

Dengan pencapaian pendapatan yang signifikan di kuartal pertama 2024 dan prospek pertumbuhan yang kuat, Ethereum memperlihatkan potensinya sebagai pemimpin dalam inovasi DeFi. Dengan landasan yang kuat dan inisiatif yang terus menerus, Ethereum siap untuk memainkan peran kunci dalam mengarahkan masa depan keuangan digital.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->