Bitcoin Halving 2024: Terjadi! Apa Dampaknya?

Updated
April 20, 2024
Gambar Bitcoin Halving 2024: Terjadi! Apa Dampaknya?

Jakarta, Pintu News ‚Äď Setelah penantian yang panjang, peristiwa halving Bitcoin yang keempat akhirnya terjadi. Halving Bitcoin adalah peristiwa yang sangat penting dalam sejarah mata uang kripto ini, karena akan memengaruhi pasokan dan harga Bitcoin di masa depan.

Peristiwa Halving Bitcoin 2024

Peristiwa halving Bitcoin 2024 terjadi pada tanggal 11 Maret 2024, setelah blok Bitcoin ke-840.000 ditambang.

Baca Juga: Market Sempat Flash Dump, Mengapa Crypto Naik Hari Ini (19/4/24)?

Pada saat itu, hadiah penambangan Bitcoin berkurang dari 6,25 BTC menjadi 3,125 BTC per blok. Hal ini berarti bahwa jumlah Bitcoin baru yang masuk ke pasar crypto setiap hari akan berkurang setengahnya.

Dampak Halving Bitcoin 2024

bitcoin cash halving
Sumber: Bitcoin News

Peristiwa halving Bitcoin 2024 diperkirakan akan memiliki beberapa dampak terhadap harga Bitcoin. Pertama, halving Bitcoin dapat menyebabkan harga Bitcoin naik dalam jangka panjang. Hal ini karena berkurangnya pasokan Bitcoin akan membuat mata uang crypto ini semakin langka, sehingga harganya akan cenderung naik.

Kedua, halving Bitcoin dapat menyebabkan volatilitas harga Bitcoin meningkat dalam jangka pendek. Hal ini karena pasar akan bereaksi terhadap perubahan pasokan Bitcoin, sehingga harga Bitcoin dapat mengalami fluktuasi yang lebih besar.

Ketiga, halving Bitcoin dapat menyebabkan minat terhadap Bitcoin meningkat. Hal ini karena peristiwa halving Bitcoin akan menjadi berita utama di seluruh dunia, sehingga akan menarik perhatian lebih banyak orang terhadap mata uang kripto ini.

Prospek Harga Bitcoin Setelah Halving

Setelah peristiwa halving Bitcoin 2024, harga Bitcoin diperkirakan akan mengalami beberapa perubahan. Dalam jangka pendek, harga Bitcoin dapat mengalami penurunan karena aksi jual yang dilakukan oleh para penambang Bitcoin yang ingin mengambil untung. Namun, dalam jangka panjang, harga Bitcoin diperkirakan akan naik karena berkurangnya pasokan Bitcoin.

Kesimpulan

Peristiwa halving Bitcoin 2024 merupakan peristiwa yang sangat penting dalam sejarah mata uang crypto ini. Halving Bitcoin dapat menyebabkan harga Bitcoin naik dalam jangka panjang, tetapi dapat menyebabkan volatilitas harga Bitcoin meningkat dalam jangka pendek.

Baca Juga: Bitcoin Halving: Pengguna Bitcoin Habiskan $2,4 Juta untuk Biaya Transaksi!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->