Metaplanet, Perusahaan Publik Jepang, Kini Pegang 117 Bitcoin!

Updated
May 15, 2024
Gambar Metaplanet, Perusahaan Publik Jepang, Kini Pegang 117 Bitcoin!

Jakarta, Pintu News¬†‚Äď Perusahaan investasi publik Jepang, Metaplanet, telah menambahkan Bitcoin ke dalam aset cadangannya. Langkah ini diambil sebagai respons terhadap pelemahan mata uang Yen Jepang yang terus berlanjut.

Metaplanet mengumumkan perubahan strategi pengelolaan keuangannya dengan memprioritaskan Bitcoin dan hanya menggunakan Bitcoin dalam pendekatan keuangannya. Simak berita lengkapnya disini!

Pergeseran Strategis Metaplanet ke Bitcoin

Metaplanet menyatakan bahwa langkah ini merupakan respons langsung terhadap tekanan ekonomi yang berkelanjutan di Jepang, terutama tingkat utang pemerintah yang tinggi, suku bunga riil negatif yang berkepanjangan, dan pelemahan mata uang Yen.

pemasaran strategis metaplanet bitcoin
Sumber: Metaplanet

Perusahaan tidak merinci berapa banyak Bitcoin yang saat ini dimiliki atau direncanakan untuk disimpan dalam perbendaharaan Metaplanet. Namun, pada 10 Mei, Metaplanet mengungkapkan bahwa mereka telah membeli total 117,7 BTC ($7,19 juta) dengan harga rata-rata sekitar 10,2 juta Yen, atau $65.000.

Nilai pasar Metaplanet sendiri berada di sekitar 3,5 miliar Yen, atau sekitar $20 juta. Keputusan Metaplanet untuk mengadopsi Bitcoin muncul beberapa minggu setelah perusahaan tersebut awalnya mengungkapkan strategi baru yang berfokus pada Bitcoin pada awal April. Saat itu, Metaplanet mengumumkan penyelesaian pembelian Bitcoin pertamanya senilai $6,5 juta. Langkah ini memicu daya tarik yang signifikan di media sosial dan menyebabkan kenaikan harga saham Metaplanet yang tajam di Bursa Efek Tokyo.

Baca Juga: 4 Memecoin yang Berpotensi Meroket 20x di Akhir Mei 2024

Yen Jepang Terpuruk, Bitcoin Sebagai Lindung Nilai

jepang siapkan yen digital
Sumber: Forkast News

Yen Jepang dilaporkan menjadi mata uang dengan kinerja terburuk pada tahun 2024 di antara mata uang utama terhadap Dolar AS, jatuh ke rekor terendah pada bulan April yang terakhir terlihat pada tahun 1990-an.

Menurut sumber lokal, penurunan nilai Yen selama tiga tahun terakhir terutama disebabkan oleh kesenjangan antara suku bunga domestik dan asing serta defisit perdagangan yang terus meningkat. Di tengah kondisi ekonomi Jepang yang tidak menentu, Metaplanet melihat Bitcoin sebagai aset lindung nilai yang tepat.

Bitcoin dianggap sebagai aset yang tidak bergantung pada pemerintah dan memiliki potensi apresiasi terhadap mata uang fiat tradisional. Metaplanet berencana untuk memegang Bitcoin dalam jangka panjang untuk memastikan keuntungan kena pajak yang minimal dan untuk memperoleh lebih banyak Bitcoin dengan menerbitkan kewajiban Yen jangka panjang ketika ada peluang.

Baca Juga: Tesla Terima Dogecoin Sebagai Metode Pembayaran, Harga DOGE Melonjak!

Metaplanet Ikuti Jejak Perusahaan Lain dalam Mengadopsi Bitcoin

Metaplanet bukanlah perusahaan pertama yang mengadopsi Bitcoin sebagai aset cadangan. Sebelumnya, perusahaan investasi publik yang terdaftar di AS, MicroStrategy (MSTR), telah mengakuisisi Bitcoin senilai beberapa miliar dolar.

Langkah Metaplanet ini menunjukkan bahwa semakin banyak perusahaan mulai menyadari potensi Bitcoin sebagai aset lindung nilai terhadap ketidakpastian ekonomi dan keuangan.

Kesimpulan

Keputusan Metaplanet untuk menambahkan Bitcoin ke dalam aset cadangannya mencerminkan tren yang lebih luas di kalangan perusahaan dan investor yang mencari cara untuk melindungi diri dari risiko ekonomi dan keuangan.

Bitcoin dipandang sebagai aset yang aman dan stabil, tidak terpengaruh oleh kebijakan pemerintah atau bank sentral. Dengan menambahkan Bitcoin ke dalam portofolionya, Metaplanet berharap dapat mengurangi risiko dan meningkatkan potensi keuntungan dalam jangka panjang.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->