Bahaya AI: Pakar AI Geoffrey Hinton Sarankan Pemerintah Inggris Terapkan UBI

Updated
May 19, 2024
Gambar Bahaya AI: Pakar AI Geoffrey Hinton Sarankan Pemerintah Inggris Terapkan UBI

Jakarta, Pintu News¬†‚Äď Pakar kecerdasan buatan

terkemuka, Geoffrey Hinton, yang dikenal sebagai ‚ÄúBapak AI‚ÄĚ karena perannya dalam mempelopori jaringan saraf, baru-baru ini menyuarakan kekhawatirannya tentang dampak AI terhadap lapangan kerja dan kesenjangan ekonomi.

Dalam sebuah wawancara dengan BBC, Hinton menyatakan bahwa ia sangat khawatir AI akan menggantikan banyak pekerjaan rutin, dan menyarankan pemerintah Inggris untuk mengadopsi skema pendapatan dasar universal (UBI) sebagai solusi. Simak berita lengkapnya disini!

Kekhawatiran Hinton tentang Dampak AI terhadap Lapangan Kerja

Hinton berpendapat bahwa AI akan meningkatkan produktivitas dan menghasilkan lebih banyak kekayaan, tetapi jika pemerintah tidak turun tangan, hal itu hanya akan membuat orang kaya semakin kaya dan merugikan mereka yang mungkin kehilangan pekerjaan. Ia memperingatkan bahwa hal ini akan berdampak buruk bagi masyarakat dan dapat menyebabkan kesenjangan ekonomi yang semakin lebar.

Menurut Hinton, UBI dapat menjadi solusi untuk mengatasi dampak ekonomi AI. UBI adalah pembayaran tunai berkala yang diberikan kepada semua orang dewasa dalam suatu populasi tertentu, terlepas dari status kekayaan dan pekerjaan mereka, tanpa batasan bagaimana mereka membelanjakan uang tersebut. Skema ini telah menjadi topik hangat di kalangan peneliti AI, futuris, dan pemimpin industri sebagai cara untuk mengurangi dampak ekonomi AI.

Baca Juga: Microsoft Berisiko Denda Miliaran Rupiah dari Uni Eropa Terkait Kecerdasan Buatan Generatif

Dukungan dan Eksperimen UBI di Berbagai Negara

crypto ai
Generated by AI

Ide UBI juga mendapatkan perhatian di negara-negara seperti Afrika Selatan, Kenya, dan India sebagai cara untuk mengatasi kemiskinan. Di Amerika Serikat, sejumlah kota dan beberapa negara bagian telah bereksperimen dengan pendapatan dasar yang dijamin, yang juga memberikan pembayaran bulanan tanpa ikatan tetapi kepada kelompok orang tertentu.

Hinton berpendapat bahwa UBI dapat menjadi alat yang efektif untuk mendistribusikan kembali kekayaan yang dihasilkan oleh AI. Ia percaya bahwa dengan memberikan pendapatan dasar kepada semua orang, pemerintah dapat membantu mengurangi kesenjangan ekonomi dan memastikan bahwa semua orang memiliki akses ke sumber daya yang dibutuhkan untuk hidup layak.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->