World Bank Terbitkan Obligasi Digital Swiss yang Dituntaskan dengan CBDC Grosir!

Updated
May 20, 2024
Gambar World Bank Terbitkan Obligasi Digital Swiss yang Dituntaskan dengan CBDC Grosir!

Jakarta, Pintu News ‚Äď World Bank atau Bank Dunia baru saja mengumumkan telah menetapkan harga obligasi digital senilai 200 juta CHF yang akan diterbitkan pada tanggal 11 Juni di SIX Digital Exchange (SDX) dan diselesaikan menggunakan mata uang digital bank sentral grosir Swiss Franc (CBDC grosir).

Bank Nasional Swiss (SNB) saat ini dalam mode uji coba untuk CBDC grosirnya di platform DLT SDX sebagai bagian dari Proyek Helvetia. Beberapa obligasi digital telah menggunakannya untuk penyelesaian.

Namun, Bank Dunia, atau lebih tepatnya Bank Internasional untuk Rekonstruksi dan Pembangunan (IBRD), adalah penerbit internasional pertama yang menggunakan wCBDC.

Obligasi Digital Pertama Bank Dunia Menggunakan wCBDC

Sumber: Ledger Insights

Baru bulan lalu bendahara World Bank, Jorge Familiar, mempertimbangkan kemungkinan penerbitan pada acara SNB. Sebulan kemudian, sekuritas berperingkat Aaa/AAA selama tujuh tahun siap diluncurkan.

Baca juga: Bikin Geger! Tether

Investasikan $91 Miliar di Treasury AS

‚ÄúPencapaian ini menandai langkah penting lainnya dalam komitmen Bank Dunia untuk meningkatkan efisiensi pasar modal melalui digitalisasi dalam kemitraan dengan bank sentral dan lembaga penyimpanan sentral,‚ÄĚ kata Mr Familiar.

Obligasi tersebut sebagian besar telah ditempatkan di Swiss dengan 60% dialokasikan untuk bank dan perusahaan. Investor institusional mencapai 39% dan bank sentral serta lembaga resmi sisanya. Commerzbank adalah satu-satunya manajer utama serta agen pembayaran dan penerbit untuk obligasi tersebut.

Kupon dan pembayaran penebusan akan dilakukan menggunakan CHF yang diberi token. Namun, kecuali wCBDC mendapat lampu hijau formal, itu mungkin CHF yang diberi token yang diterbitkan oleh SDX. Itulah yang terjadi sebelum uji coba Helvetia.

Peran Penting Integrasi CSD

Pada bulan November 2022, UBS memulai debutnya dengan obligasi digital senilai 375 juta CHF di SDX. Untuk pertama kalinya, ia menghubungkan lembaga penyimpanan sentral (CSD) SDX ke CSD utama SIX SIS. Ini memungkinkan pencatatan ganda di SDX dan bursa utama SIX, mendukung institusi yang belum siap untuk blockchain.

Dengan berjalannya waktu, SDX telah terintegrasi dengan Clearstream dan Euroclear, memungkinkan obligasi Bank Dunia diselesaikan melalui empat CSD yang berbeda. Mengenai Euroclear, tahun lalu Bank Dunia menerbitkan nota digital pada infrastruktur D-FMI Euroclear.

Plus, itu adalah lembaga besar pertama yang mengadopsi blockchain untuk obligasi pada tahun 2018 dengan penerbitan bond-i. Seperti Bank Investasi Eropa (EIB), ini adalah salah satu penerbit digital paling produktif.

Sementara itu, obligasi digital yang sebelumnya diselesaikan menggunakan wCBDC termasuk penerbitan oleh Basel, Zurich, Lugano, dan St Gallen.

Baca juga: SWIFT Siap Luncurkan CBDC dan Tantang Mata Uang BRICS

Obligasi Digital World Bank: Memimpin Inovasi Keuangan

World Bank terus menjadi pelopor dalam penerbitan obligasi digital, memanfaatkan teknologi blockchain untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi pasar modal.

Dengan penerbitan obligasi digital Swiss terbaru yang diselesaikan menggunakan CBDC grosir, Bank Dunia menunjukkan komitmennya untuk merangkul inovasi keuangan dan mengeksplorasi potensi teknologi blockchain dalam sektor keuangan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured image: CGDev

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->