Resmi! ETF Ethereum Spot Telah Diberikan Lampu Hijau dan Disetujui oleh SEC

Updated
May 24, 2024
Gambar Resmi! ETF Ethereum Spot Telah Diberikan Lampu Hijau dan Disetujui oleh SEC

Jakarta, Pintu News – Dalam keputusan penting kedua tahun ini, Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat akhirnya telah memberikan lampu hijau kepada peraturan untuk menempatkan dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) Ethereum di Amerika Serikat.

SEC Berikan Persetujuan untuk ETF Ethereum Spot

Pengajuan persetujuan ETF spot Ethereum. Sumber: SEC

Dilansir dari Cointelegraph, pada tanggal 23 Mei 2024, SEC telah menyetujui pengajuan 19b-4 dari VanEck, BlackRock, Fidelity, Grayscale, Franklin Templeton, ARK 21Shares, Invesco Galaxy, dan Bitwise – yang menyetujui perubahan peraturan yang memungkinkan ETF Ethereum spot untuk didaftarkan dan diperdagangkan di bursa masing-masing.

Baca juga: 5 Crypto Naik Hari Ini (24/5/24), ETF Ethereum Spot Diberikan Lampu Hijau, AUDIO Melonjak 36%

Keputusan penting ini muncul meskipun ada spekulasi bahwa regulator sekuritas telah menyelidiki apakah akan memberi label pada Ethereum sebagai sekuritas.

Meskipun 19b-4 telah disetujui, penerbit ETF masih memerlukan SEC untuk menandatangani pernyataan pendaftaran S-1 masing-masing agar ETF spot Ethereum dapat secara resmi mulai diperdagangkan.

Analis industri mengatakan bahwa hal ini dapat memakan waktu berhari-hari, berminggu-minggu, atau bahkan berbulan-bulan. SEC dilaporkan menginstruksikan pemohon untuk mempercepat pengajuan 19b-4 mereka pada tanggal 20 Mei.

Penghapusan staking adalah amandemen yang paling menonjol yang terlihat di beberapa pengajuan.

SEC Menyetui ETF Ethereum 4 Bulan Setelah Persetujuan ETF Bitcoin

Sementara itu, SEC tidak mengumumkan persetujuan atas aplikasi ETF spot Ethereum Hashdex. Kendaraan investasi manajer aset ini memiliki tenggat waktu terakhir dengan komisi yang ditetapkan pada 30 Mei – lebih cepat dari Grayscale, Invesco Galaxy, BlackRock, dan Fidelity. Tidak jelas apakah SEC pada akhirnya akan menyetujui ETF Hashdex.

Baca juga: ETF Ethereum VanEck Terdaftar di DTCC, Persetujuan ETF ETH Semakin Dekat!

Persetujuan SEC datang sehari setelah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat memberikan suara mendukung undang-undang yang diyakini banyak orang akan memberikan kejelasan peraturan yang lebih baik untuk industri mata uang kripto.

Undang-undang Inovasi Keuangan dan Teknologi untuk Abad ke-21 akan memperjelas peran SEC dan Komisi Perdagangan Berjangka Komoditi, tetapi masih harus disahkan oleh Senat dan ditandatangani menjadi undang-undang.

Lebih lanjut, persetujuan ETF spot Ethereum datang empat setengah bulan setelah SEC menyetujui beberapa aplikasi ETF Bitcoin spot pada 10 Januari, menandai yang pertama di industri ini.

Menurut laman Pintu Market saat ini (24/5/24), harga ETH naik 1,08% menjadi $3,762, atau setara dengan Rp60 juta, setelah pengumuman SEC ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: aliteq

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->