Vitalik Buterin Dukung Peluncuran Taiko, Solusi Layer-2 Ethereum yang Menjanjikan!

Updated
May 27, 2024
Gambar Vitalik Buterin Dukung Peluncuran Taiko, Solusi Layer-2 Ethereum yang Menjanjikan!

Jakarta, Pintu News¬†‚Äď Vitalik Buterin, salah satu pendiri Ethereum, baru-baru ini membuat heboh dunia kripto dengan keterlibatannya dalam peluncuran Taiko, sebuah proyek Layer 2 (L2) yang bertujuan untuk meningkatkan skalabilitas Ethereum.

Buterin tidak hanya mengusulkan blok pertama Taiko, tetapi juga memberikan dukungan penuh terhadap pendekatan berbasis rollup yang diusung oleh proyek tersebut. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Dukungan Vitalik Buterin terhadap Taiko

Dalam pesan yang ditinggalkan pada blok pertama Taiko, Buterin mengungkapkan kegembiraannya atas peluncuran proyek tersebut.

Ia mengatakan, ‚ÄúSaya sangat senang melihat Taiko diluncurkan sebagai optimistic rollup. Ethereum akan sangat diuntungkan jika L2 mengambil berbagai pendekatan yang berbeda, dan saya mengapresiasi Taiko sebagai salah satu yang pertama bergerak ke arah ini.‚ÄĚ

Dukungan Buterin terhadap Taiko didasarkan pada pendekatan optimistic rollup yang diusung oleh proyek tersebut. Optimistic rollup merupakan jenis L2 yang memanfaatkan infrastruktur inti Ethereum untuk mengurutkan transaksi, sehingga menyederhanakan dan mengamankan blockchain dengan mengurangi kompleksitas.

Baca Juga: Ethereum Tidak Mengecewakan Setelah Persetujuan ETF Spot ETH oleh AS, Apa Artinya?

Keunggulan Taiko dan Manfaatnya bagi Ethereum

keunggulan taiko
Sumber: Taiko Mainnet

Taiko menggunakan Zero-Knowledge Proofs (ZKPs) untuk meningkatkan skalabilitas. Proyek ini berfokus pada kesetaraan EVM (Ethereum Virtual Machine) pada tingkat kode operasional, sehingga meningkatkan kompatibilitas antara kontrak pintar, aplikasi terdesentralisasi (DApps), dan infrastruktur Ethereum secara keseluruhan.

Dengan menggunakan ZK proofs, Taiko dapat mengatasi berbagai kekurangan dalam Jaringan Ethereum. Selain itu, Taiko juga menggunakan validator Ethereum untuk mengurutkan transaksi, sehingga meningkatkan skalabilitas dan kecepatan dengan menggunakan type 1 ZK-rollups.

Type 1 ZK-rollups ini tidak mengubah sistem Ethereum dan menggunakan fungsi hash, pohon transaksi, pohon status, dan semua metode transaksi yang sama, sehingga meningkatkan efisiensi dan keamanan tanpa mengorbankan desentralisasi.

Baca Juga: Ethereum Menyusun Ulang Pemasaran untuk Menarik Investor Generasi Baby Boomer!

Peluncuran Taiko dan Dampaknya bagi Ekosistem Ethereum

Peluncuran Taiko sebagai ZK-rollup merupakan langkah maju yang signifikan dalam evolusi solusi Layer 2 Ethereum. Dengan memanfaatkan ZK proofs, Taiko menawarkan transaksi yang skalabel dan hemat biaya, yang sangat penting untuk adopsi aplikasi terdesentralisasi secara luas.

Dukungan Buterin terhadap Taiko juga menggarisbawahi pentingnya pendekatan yang beragam dalam ruang Layer 2 Ethereum. Hal ini penting untuk keberhasilan dan keberlanjutan jaringan dalam jangka panjang.

Kesimpulan

Peluncuran Taiko, didukung oleh Vitalik Buterin, menjanjikan peningkatan skalabilitas dan efisiensi Ethereum. Dengan pendekatan _optimistic rollup_ dan penggunaan ZK proofs, Taiko menawarkan solusi yang inovatif untuk mengatasi tantangan skalabilitas yang dihadapi oleh jaringan Ethereum. Proyek ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi ekosistem Ethereum dan mendorong adopsi aplikasi terdesentralisasi secara lebih luas.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->