Sam Bankman-Fried: Dari Wall Street ke Penjara Oklahoma

Updated
May 27, 2024
Gambar Sam Bankman-Fried: Dari Wall Street ke Penjara Oklahoma

Jakarta, Pintu News ‚Äď Sam Bankman-Fried, salah satu tokoh terkemuka dalam dunia cryptocurrency, telah menjadi sorotan setelah dipindahkan ke Oklahoma City meskipun permintaan dari seorang hakim untuk tetap berada di New York.

Keputusan ini menimbulkan kontroversi dan memunculkan berbagai spekulasi tentang alasan di balik pemindahan tersebut.

Sam Bankman-Fried Kini Berada di Oklahoma

Dilansir dari Cointelegraph, mantan CEO FTX Sam ‚ÄúSBF‚ÄĚ Bankman-Fried tidak lagi dipenjara di New York atau California, tempat orang tuanya memiliki rumah ‚Äď menurut catatan penjara, kini dia berada di Oklahoma.

Baca juga: Donald Trump Bakal Dukung Crypto, Terima Kontribusi Crypto untuk Kampanye Presiden 2024!

Pada 23 Mei 2024, catatan narapidana untuk Biro Penjara Federal menunjukkan bahwa Bankman-Fried ditahan di Pusat Transfer Federal di Oklahoma City. Menurut Kantor Inspektur Jenderal Departemen Kehakiman AS, fasilitas ini menahan narapidana dalam ‚Äújangka pendek‚ÄĚ untuk pemindahan di dalam sistem penjara.

Relokasi SBF ke Oklahoma, ditambah dengan laporan dari 22 Mei, menunjukkan bahwa pihak berwenang dapat memindahkan mantan CEO FTX dari Pusat Penahanan Metropolitan (MDC) di Brooklyn ke Lembaga Pemasyarakatan Federal (FCI) di Mendota.

Pemindahan SBF Terjadi Meski Direkomendasikan untuk Tetap di Brooklyn

Pemindahan SBF tampaknya telah terjadi meskipun Hakim Lewis Kaplan dari Pengadilan Distrik AS untuk Distrik Selatan New York merekomendasikan SBF untuk tetap tinggal di MDC Brooklyn.

Bankman-Fried telah ditempatkan di New York sejak seorang hakim mencabut jaminannya pada Agustus 2023 dan, setelah sidang vonis pada Maret 2024, meminta untuk tetap berada di MDC Brooklyn untuk ‚Äúmemfasilitasi akses ke pengacara bandingnya.‚ÄĚ

Juri menghukum mantan CEO FTX atas tujuh dakwaan kejahatan pada November 2023, dan Hakim Kaplan kemudian menjatuhkan hukuman 25 tahun penjara.

Baca juga: Michael Saylor Sebut Persetujuan ETF Ethereum Merupakan Kemenangan Industri Kripto!

Periode Penahanan SBF di Oklahoma Belum Jelas

Dalam sebuah surat kepada pengadilan yang diajukan pada tanggal 22 Mei, Hakim Kaplan meminta agar Bankman-Fried tetap berada di New York ‚Äúhingga proses bandingnya selesai untuk memfasilitasi akses kepada penasihat hukum.‚ÄĚ

Sumber: Courtlistener

Pada saat artikel ini diterbitkan, belum jelas berapa lama Bankman-Fried akan dikurung di fasilitas di Oklahoma. Jika dipindahkan ke FCI Mendota, mantan CEO FTX ini akan tetap tinggal di dekat rumah orang tuanya di San Francisco Bay Area.

Menurut situs web Biro Penjara Federal, fasilitas Oklahoma di dekat Bandara Will Rogers World menampung 1.414 narapidana.

Bankman-Fried adalah satu-satunya individu yang terkait dengan runtuhnya FTX dan Alameda Research yang mengaku tidak bersalah dan dihukum karena perannya dalam menipu pelanggan.

Mantan eksekutif FTX dan Alameda, Ryan Salame, Caroline Ellison, Gary Wang, dan Nishad Singh, semuanya mengaku bersalah dan menerima kesepakatan dengan pihak berwenang. Sidang hukuman Salame dijadwalkan pada 28 Mei.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Coingape

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->