Hashdex Tarik Aplikasi ETF Ethereum Spot Sehari Setelah Persetujuan, Ada Apa?

Updated
May 31, 2024
Gambar Hashdex Tarik Aplikasi ETF Ethereum Spot Sehari Setelah Persetujuan, Ada Apa?

Jakarta, Pintu News – Hashdex baru saja menarik kembali aplikasi mereka untuk ETF Ether spot, hanya sehari setelah mendapatkan persetujuan dari SEC.

Langkah ini mengejutkan banyak pihak di industri crypto dan memicu berbagai spekulasi mengenai alasan di balik keputusan ini.

Hashdex Mencabut Aplikasi ETF Ethereum Spot

Menurut dokumen yang diajukan ke Securities and Exchange Commission (SEC) Amerika Serikat, manajer investasi Hashdex telah menarik aplikasinya untuk ETF Ethereum spot.

Baca juga: SEC Mengejutkan Pasar: ETF Ethereum Disetujui, Harga ETH Justru Turun?

Pengajuan dari tanggal 28 Mei mengungkapkan bahwa Hashdex menarik kembali aplikasinya untuk perubahan aturan yang diusulkan yang akan memungkinkan debut Hashdex Nasdaq Ethereum ETF.

Sumber: SEC Amerika Serikat

Proposal tersebut ditarik pada tanggal 24 Mei, hanya sehari setelah delapan produk keuangan serupa disetujui oleh pengawas keuangan.

Tidak ada rincian mengenai alasan di balik langkah ini atau apakah Hashdex akan mengajukan kembali proposalnya. Sumber yang akrab dengan aplikasi tersebut mengatakan kepada Cointelegraph bahwa Hashdex “tidak lagi berniat melanjutkan dengan ETF Ether aset tunggal.”

Hashdex ETF Ethereum Spot Berbeda dengan yang Lain

Pada tanggal 23 Mei 2024, SEC telah menyetujui pengajuan 19b-4 dari VanEck, BlackRock, Fidelity, Grayscale, Franklin Templeton, ARK 21Shares, Invesco Galaxy, dan Bitwise, yang membuka jalan bagi ETF Ethereum spot untuk terdaftar dan diperdagangkan di bursa masing-masing. Dana-dana tersebut diharapkan akan diluncurkan pada bulan Juni.

Berbeda dengan pelamar lainnya, aplikasi Hashdex untuk ETF Ethereum spot menggabungkan kepemilikan Ethereum spot dengan kontrak berjangka Ethereum dalam produk yang sama, dengan tujuan untuk mengurangi potensi manipulasi.

Pelamar lain, seperti Fidelity, ARK 21Shares, dan Franklin Templeton, fokus pada ETF Ether berbasis spot murni dengan amandemen akhir pada pengajuan mereka, seperti menghapus dukungan untuk staking ETH sebagai tanggapan terhadap masukan dari SEC.

Baca juga: Prediksi Mengejutkan! Pendiri Animoca Yat Siu Ramalkan Nilai Pasar Crypto Tembus $200 Triliun

ETF Hashdex: Cerminkan Fluktuasi Harian dalam Referensi Nasdaq

hashdex memprediksi bitcoin etf

Selain itu, ETF Hashdex bertujuan untuk mencerminkan fluktuasi harian dalam Harga Referensi Ether Nasdaq untuk mengatasi kekhawatiran regulasi tentang manipulasi pasar.

Menurut pengajuan awalnya dari September 2023:

“Alih-alih memegang 100% Ethereum spot, yang bisa membuatnya lebih rentan terhadap manipulasi harga di pasar spot, Dana akan memegang campuran Ethereum Spot, Kontrak Berjangka Ether, dan kas.”

Hashdex adalah salah satu penerbit ETF Bitcoin spot yang disetujui pada bulan Januari. Secara serupa, dana BTC perusahaan ini menggunakan strategi alternatif dari manajer aset lainnya.

Misalnya, ETF Bitcoin Hashdex tidak bergantung pada perjanjian berbagi pengawasan Coinbase, melainkan memilih untuk mendapatkan BTC spot dari bursa fisik di dalam pasar CME.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Blogtienao

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->