Tindakan Tegas! Solana Menghapus Validator yang Terlibat dalam Serangan Sandwich

Updated
June 11, 2024
Gambar Tindakan Tegas! Solana Menghapus Validator yang Terlibat dalam Serangan Sandwich

Jakarta, Pintu News – Solana Foundation telah mengambil langkah tegas terhadap serangan sandwich di jaringan mereka.

Mereka baru-baru ini menghapus beberapa operator validator dari program delegasi mereka karena keterlibatan mereka dalam serangan sandwich terhadap pengguna Solana.

Keputusan ini, yang dijelaskan sebagai final, diumumkan oleh Tim Garcia, Solana Validator Relations Lead, di server Discord Solana Foundation.

Solana Foundation Menangani Masalah Serangan Sandwich

serangan sandwich solana
Generated by AI

Garcia menyatakan,

“Keputusan dalam hal ini adalah final. Tindakan penegakan hukum sedang berlangsung saat kami mendeteksi operator yang berpartisipasi dalam mempool yang memungkinkan serangan sandwich.”

Baca juga: Kejutan Besar! Aevo Luncurkan Kontrak Pra-Peluncuran AZUR untuk Keuangan Terdesentralisasi

Selain itu, Foundation ini bertujuan untuk memastikan bahwa validator yang terlibat dalam aktivitas jahat, seperti serangan sandwich, tidak didukung oleh program delegasi.

Mert Mumtaz, salah satu pendiri penyedia RPC Solana, Helius, menjelaskan bahwa langkah yayasan ini dimaksudkan untuk melindungi pengguna ritel dari praktik eksploitatif ini.

Untuk konteksnya, serangan sandwich melibatkan eksploitasi front-running di mana penyerang menempatkan transaksi di sekitar transaksi korban untuk memanipulasi harga dan mengambil keuntungan dari perbedaan tersebut.

Solana Foundation Larang Serangan Sandwich

Sebelumnya, jenis serangan ini secara eksplisit dilarang oleh Solana Foundation melalui postingan Discord pada 7 Mei 2024.

Garcia menekankan sikap tegas Foundation,

“Operator yang terlibat dalam aktivitas jahat seperti berpartisipasi dalam mempool pribadi untuk menyerang transaksi sandwich atau merugikan pengguna Solana lainnya tidak akan ditoleransi oleh program delegasi.”

Selain itu, Garcia menyoroti bahwa Solana Foundation akan mengambil tindakan serupa jika masalah ini berlanjut di masa depan. Dia menambahkan,

“Siapa pun yang ditemukan terlibat dalam aktivitas semacam itu akan ditolak dari program dan setiap saham dari Foundation akan segera dan secara permanen dihapus.”

Baca juga: Polyhedra Network Luncurkan Staking Setelah Penyelesaian Sengketa Merek Dagang ZK

Apa yang Berubah untuk Validator Ini?

Meskipun dihapus dari program delegasi, validator yang terlibat dalam serangan sandwich masih dapat berkontribusi pada blockchain Solana. Namun, mereka tidak akan lagi menerima delegasi SOL dari yayasan, yang secara efektif mengakhiri subsidi mereka.

Pada jaringan Solana, masalah Maximal Extractable Value (MEV) muncul ketika validator memanipulasi urutan transaksi untuk memaksimalkan keuntungan. Ini termasuk front-running dan serangan sandwich.

Dalam kasus seperti itu, validator mengeksploitasi transaksi untuk mengambil keuntungan dari perubahan harga, yang menyebabkan biaya lebih tinggi dan slippage bagi pengguna.

Pengumuman Garcia menyoroti komitmen yayasan untuk menegakkan aturan terhadap praktik eksploitatif semacam itu. Tujuannya adalah untuk mempertahankan lingkungan yang adil dan dapat dipercaya bagi semua pengguna Solana.

Dengan menghapus dukungan dari validator yang terlibat dalam serangan ini, yayasan berharap dapat mencegah aktivitas jahat di masa depan dan menjaga integritas jaringan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Greenhouse

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->