Pyth Network Luncurkan Pull Oracle di Solana untuk Meningkatkan Keandalan dan Kinerja!

Updated
June 19, 2024
Gambar Pyth Network Luncurkan Pull Oracle di Solana untuk Meningkatkan Keandalan dan Kinerja!

Jakarta, Pintu News – Pyth Network, platform data pasar real-time, baru saja meluncurkan Pull Oracle di Solana, menandai kemajuan signifikan bagi pengembang di mainnet-beta Solana.

Dengan peluncuran ini, protokol di Solana dapat mengakses harga oracle Pyth dengan meminta pembaruan dari appchain Pythnet, yang diharapkan dapat meningkatkan keandalan selama periode kemacetan dan memperluas jumlah feed harga yang tersedia.

Mengatasi Keterbatasan Push Oracle

pull oracle pyth network
Sumber: Pyth Network

Versi awal dari Pyth Network di Solana menggunakan desain push oracle, yang menerima input harga dari penyedia data melalui transaksi Solana, mengagregasikannya on-chain, dan kemudian mendorong harga yang diperbarui ke lingkungan Solana setiap 400ms.

Baca juga: RISC Zero Luncurkan zkVM 1.0, Revolusi Efisiensi Blockchain!

Meskipun menjadi oracle DeFi yang paling banyak diadopsi di Solana, push oracle ini memiliki keterbatasan selama periode volatilitas tinggi dan kemacetan.

Untuk mengatasi masalah ini, kontributor Pyth Network mengembangkan oracle harga baru yang menggunakan desain pull oracle, yang dikenal sebagai Pythnet Price Feeds. Desain baru ini memastikan bahwa oracle hanya memperbarui harga on-chain ketika diminta secara khusus.

Manfaat dari Pull Oracle

Terdapat beberapa manfaat dari Pull Oracle seperti dalam sistem push oracle, setiap pembaruan harga harus didorong on-chain, sering kali bersaing untuk bandwidth dengan transaksi lain yang lebih berharga. Desain pull oracle memungkinkan pengguna memasukkan pembaruan harga ini dalam transaksi mereka, memastikan mereka mendarat selama periode penting.

Selain itu, frekuensi pembaruan harga pada Pythnet lebih tinggi daripada di mainnet-beta Solana selama periode kemacetan. Pengguna Solana dapat menarik pembaruan harga frekuensi tinggi ini ke Solana untuk mendukung transaksi DeFi mereka.

Push oracle biasanya mendukung lebih sedikit feed harga karena biaya gas yang terus berlanjut untuk memperbarui setiap feed secara berkala. Efisiensi gas dari pull oracle Pyth memungkinkan lebih dari 500 feed harga untuk protokol Solana.

Lebih lanjut, pengembang Solana akan memiliki akses ke Pyth Benchmarks, yang memungkinkan pengguna untuk melakukan query harga historis Pyth. Fitur ini dapat digunakan untuk berbagai kasus penggunaan kritis, seperti mengisi transaksi kembali ke stempel waktu tertentu untuk memastikan penyelesaian yang akurat dan mencegah frontrunning.

Appchain Pythnet memiliki lebih banyak penyedia data per feed (64) dibandingkan dengan push oracle di Solana (32). Setiap feed harga Pyth bersumber dan mengagregasi data dari beberapa penyedia untuk memastikan output harga yang andal dan aman.

Baca juga: Game Clicker Telegram Meroket, Tapswap dan Yescoin Siap Meluncur di The Open Network (TON)!

Pengenalan lingkungan Solana Virtual Machine (SVM) menciptakan permintaan baru untuk infrastruktur blockchain, termasuk oracle. Pull oracle pada Solana membuka jalan bagi dukungan oracle untuk ekosistem SVM baru berkat skalabilitas Pyth. Pyth Network dapat mengirim data cross-chain ke instance SVM baru, baik yang bersifat private atau permissioned.

Pengguna Utama

Ekosistem DeFi Solana telah mulai beralih ke pull oracle Pyth, yang sekarang menerima 200.000 pembaruan pull setiap hari.

Beberapa pengguna Pyth di Solana yang kini beralih ke pull oracle meliputi, Kamino, penyedia produk pinjaman dan likuiditas yang mengotomatisasi strategi likuiditas. Jupiter, penyedia infrastruktur lengkap untuk swap, pesanan batas, DCA, dan perpetuals.

Selanjutnya ada Zeta Markets, penyedia perpetuals on-chain dengan kecepatan dan UX CEX dengan self-custody dan transparansi. Drift, Solend, Flash Trade, GooseFX, RainFi, PsyOptions, Mango Markets, Clone Protocol, Lifinity, dan Bonfida.

Pengguna-pengguna ini mendapat manfaat dari peningkatan kinerja, keandalan, dan keamanan yang disediakan oleh pull oracle Pyth, yang semakin memperkuat operasi mereka di Solana.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->