Widih! Pendapatan Harian Arbitrum (ARB) Melonjak 16.680% Setelah Peluncuran Token LayerZero

Updated
June 22, 2024
Gambar Widih! Pendapatan Harian Arbitrum (ARB) Melonjak 16.680% Setelah Peluncuran Token LayerZero

Jakarta, Pintu News – Peluncuran token ZRO oleh LayerZero pada 20 Juni 2024 menyebabkan lonjakan besar dalam biaya di Arbitrum, menghasilkan pendapatan harian sebesar $3,43 juta untuk blockchain ini, naik sekitar 16.680% dibandingkan hari sebelumnya.

Peluncuran Token ZRO

LayerZero meluncurkan token ZRO pada hari Kamis, tetapi peluncuran ini memicu kritik karena mekanisme “donasi” yang diwajibkan — yang mengharuskan para penuntut untuk mengeluarkan sejumlah kecil uang per token untuk mendapatkan alokasi mereka.

Baca juga: ZKsync Dilanda Penipuan? Peluncuran Token ZK Diwarnai Kontroversi

Mekanisme ini meningkatkan biaya gas rata-rata di blockchain, yang mencapai 89 sen, naik dari biaya tipikal yang kurang dari 1 sen.

Langkah ini menyebabkan lonjakan keuntungan harian Arbitrum menjadi $3,29 juta, rekor tertinggi lainnya untuk jaringan tersebut, menurut data dari Dune Analytics dan DefiLlama.

keuntungan arbitrum
Pendapatan dan keuntungan Arbitrum meningkat tajam. Sumber: Dune Analytics

LayerZero membuatnya sehingga para penuntut token ZRO harus menyumbangkan sejumlah kecil uang per token.

“Untuk mengklaim ZRO, pengguna harus menyumbangkan $0,10 dalam USDC, USDT, atau ETH per ZRO,” tulis LayerZero dalam postingan di X pada 20 Juni.

Donasi tersebut disalurkan ke Protocol Guild yang membantu mendanai pengembang Ethereum.

Pendekatan Berbeda dari Airdrop

LayerZero berpendapat bahwa peluncuran token mereka “bukanlah airdrop” karena airdrop tidak sesuai dengan “tujuan distribusi yang adil, pembangunan komunitas, dan kesehatan protokol,” karena banyak penerima memiliki “sedikit atau tidak ada minat” dalam proyek jangka panjang.

Baca juga: Fantom Kucurkan Dana $120 Juta dalam Token FTM untuk Migrasi Sonic!

Ini adalah hari pendapatan terbesar Arbitrum sejak menghasilkan $2,13 juta pada 14 Desember, sehari sebelum jaringan mengalami gangguan karena lonjakan inskripsi di jaringan.

Inskripsi adalah jenis pemformatan data yang dapat membawa paket yang lebih besar daripada data transaksi sederhana, seperti gambar yang membuatnya mahal karena ukurannya.

Biaya tersebut juga diteruskan ke Arbitrum, yang hanya menghasilkan keuntungan sebesar $414.000 pada 14 Desember karena terkena biaya yang lebih tinggi untuk memposting dan memverifikasi data inskripsi yang mahal di Ethereum.

Sementara itu, harga ZRO turun. Dalam satu hari terakhir, ZRO turun 23% menjadi $3,42, setelah mencapai puncak di $4,79, menurut CoinGecko.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Crypto Daily

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->