Taurus Ekspansi ke Jaringan Stellar, Tawarkan Peluang Tokenisasi yang Lebih Baik!

Updated
June 25, 2024
Gambar Taurus Ekspansi ke Jaringan Stellar, Tawarkan Peluang Tokenisasi yang Lebih Baik!

Jakarta, Pintu News – Taurus, penyedia infrastruktur aset digital terkemuka yang melayani institusi keuangan besar seperti Deutsche Bank, Credit Suisse, dan Santander, telah memperluas jangkauannya ke jaringan Stellar.

Melalui platform kustodi aset digital mereka, “Taurus-PROTECT”, dan platform penerbitan serta tokenisasi digital, “Taurus-CAPITAL”, kini tersedia di blockchain publik dan open-source milik Stellar.

Taurus Perluas Layanan ke Jaringan Stellar

taurus rwa stellar
Sumber: Taurus Blog

Dengan integrasi terbaru ini, bank dan penerbit dapat menerbitkan dan mengelola aset tokenisasi di jaringan Stellar.

Baca juga: Ondo Finance dan Drift Protocol Berkolaborasi untuk Integrasikan Aset Dunia Nyata ke Solana

Mereka dapat sepenuhnya menyesuaikan dan mengotomatiskan aliran pembayaran menggunakan perilaku dompet yang dapat diprogram serta kontrol akses kelas perbankan.

Hal ini memungkinkan efisiensi yang lebih tinggi dan biaya yang lebih rendah bagi klien perbankan dan non-perbankan.

Stellar: Pilihan Utama untuk Tokenisasi Aset Dunia Nyata

Langkah Taurus ini mengikuti jejak institusi keuangan besar lainnya seperti Franklin Templeton, WisdomTree, dan Circle yang telah lebih dulu menggunakan Stellar untuk tokenisasi.

Franklin Templeton adalah yang pertama di AS yang menggunakan blockchain publik untuk memproses transaksi dan mencatat kepemilikan saham, dengan meluncurkan dana U.S. Government Money Fund yang diwakili oleh token BENJI pada tahun 2021. Token ini tersedia di jaringan Stellar dan Polygon.

Namun, persaingan semakin ketat dengan munculnya dana BUIDL dari BlackRock yang ditokenisasi bersama Securitize di Ethereum, yang berhasil mengumpulkan $481 juta dalam aset, mengungguli BENJI.

Keuntungan untuk Klien Perbankan dan Non-Perbankan

Integrasi dengan Stellar memungkinkan klien Taurus mendapatkan keuntungan dari biaya yang lebih rendah dan transaksi yang cepat. Ini mengoptimalkan efisiensi dalam berbagai kasus penggunaan tokenisasi seperti ekuitas, utang, produk terstruktur, dana, deposito tokenisasi, dan mata uang digital bank sentral (CBDC).

Baca juga: Tether Hentikan Pembuatan USDT di EOS dan Algorand, Ada Apa?

WisdomTree Prime, sebuah aplikasi keuangan pribadi yang fokus memberikan akses mudah ke aset digital dan dana, juga telah diluncurkan di blockchain Stellar dan Ethereum di 21 negara bagian AS.

Selain itu, Circle juga meluncurkan stablecoin USDC yang didukung dolar AS di jaringan Stellar pada tahun 2021, dengan stablecoin EURC yang didukung euro ditambahkan ke jaringan pada bulan September lalu.

Melangkah Maju dengan Kolaborasi Strategis

Bermitra dengan Taurus merupakan langkah penting dalam meningkatkan adopsi aset dunia nyata yang ditokenisasi di dalam institusi keuangan yang diatur, serta membangun infrastruktur penting untuk adopsi luas.

Pada Januari lalu, Taurus memperoleh persetujuan dari Otoritas Pengawas Pasar Keuangan Swiss (FINMA) untuk menawarkan sekuritas tokenisasi kepada pengguna ritel, selain klien institusional mereka yang sudah ada.

Dengan langkah ini, Taurus tidak hanya memperkuat posisinya sebagai pemimpin dalam bidang infrastruktur aset digital tetapi juga membuka peluang baru bagi bank dan institusi keuangan lainnya untuk mengoptimalkan dan mengotomatisasi berbagai proses mereka melalui teknologi blockchain.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: The Block

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->