Solana Luncurkan Fitur Baru: Transaksi Crypto Kini Bisa di Semua Situs Web!

Updated
June 26, 2024
Gambar Solana Luncurkan Fitur Baru: Transaksi Crypto Kini Bisa di Semua Situs Web!

Jakarta, Pintu News – Baru-baru ini, Solana Foundation memperkenalkan sebuah fitur baru yang menjanjikan untuk menghubungkan blockchain ke situs web mana pun melalui tautan yang dapat dibagikan.

Menurut pengumuman pada tanggal 25 Juni 2024, Foundation ini telah merilis Solana Actions dan tautan blockchain atau “blink”, yang memungkinkan situs web apa pun yang dapat menampilkan URL untuk melakukan transaksi Solana.

Solana Foundation Luncurkan Solana Actions

Solusi baru ini akan memungkinkan tautan yang dapat dibagikan untuk menampilkan antarmuka untuk transaksi Solana. Dengan kata lain, bayangkan membagikan tautan di X dan memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi kripto tanpa meninggalkan halaman web X.

Baca juga: Blast Umumkan Peluncuran Foundation dan Jadwal Airdrop yang Ditunggu-tunggu!

Fitur baru ini dapat digunakan untuk crowdfunding, pembelian online, dan pemungutan suara onchain.

“Dari umpan X Anda, Anda dapat membeli NFT, memberi tip kepada pencipta, menerima uang, memberikan suara, mempertaruhkan, menukar, dan banyak lagi,” kata pendiri Dialect, Chris Osborn.

Dialect berada di belakang perkakas pengembang yang mendukung Actions, seperti situs penandatanganan interstitial yang dapat bercabang dan dihosting sendiri serta kit pengembangan perangkat lunak, kata juru bicara dari Solana Foundation kepada Cointelegraph.

Situs web, platform media sosial, dan kode QR fisik dapat digunakan untuk berbagi kedipan. Jon Wong, kepala rekayasa ekosistem di Solana Foundation, menjelaskan bahwa tindakan dan kedipan di Solana memungkinkan situs web atau aplikasi apa pun menjadi titik distribusi untuk interaksi onchain.

DApps yang Masuk Daftar Putih

Peta jalan keamanan Solana Foundation untuk fitur baru ini akan memberikan opsi kepada pengguna untuk mengaktifkan dukungan dompet untuk Actions dan blink.

“Actions dan blinks mirip dengan ‘menghubungkan’ dompet Anda ke DApps [aplikasi terdesentralisasi] – percayalah pada situs yang Anda kenal dan gunakan, sama seperti Anda mempercayai DApps yang Anda kenal dan gunakan,” ujar seorang juru bicara.

Menurut Foundation tersebut, ketika dompet pertama kali mencoba menarik transaksi dari antarmuka pemrograman aplikasi atau API yang tidak dikenal, pengguna akan melihat permintaan “sambungkan ke situs” standar.

Baca juga: Akankah Solana Menjadi ETF Kripto Berikutnya Setelah Ethereum?

“Jika domain situs telah terhubung ke dompet di masa lalu, domain situs tersebut kemungkinan besar dapat dipercaya. Seperti halnya DApps, transaksi Action selalu disimulasikan sebelum dieksekusi,” jelas tim.

Sumber: Solana Foundation

Untuk meningkatkan keamanan, peluncuran ini berjalan dengan domain yang masuk daftar putih dari mitra Solana, termasuk Jupiter, Helium, Truffle, Phantom, dan Backpack.

Solana akan Naik pada Tahun 2024

Blockchain Solana telah mengalami lonjakan aktivitas selama beberapa bulan terakhir. Berkat biayanya yang lebih rendah, Solana telah muncul sebagai tujuan untuk memecoin dan protokol infrastruktur terdesentralisasi.

Dalam laporan terbaru, perusahaan ventura Pantera Capital mencatat bahwa Solana mencatat lebih dari 60% volume baru di bursa terdesentralisasi pada bulan Mei.

“Pada Mei 2024, Solana menyumbang 85% dari semua token baru yang muncul di DEX, naik dari 50% setahun yang lalu. Peningkatan token berbasis Solana ini mencerminkan kekuatannya dalam penggunaan ritel, didorong oleh aktivitas memecoin,” demikian isi analisis tersebut.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->