Bitstamp Hapus Tether Euro Stablecoin Demi Kepatuhan MiCA!

Updated
June 27, 2024
Gambar Bitstamp Hapus Tether Euro Stablecoin Demi Kepatuhan MiCA!

Jakarta, Pintu News – Platform pertukaran cryptocurrency Bitstamp sedang mempersiapkan diri untuk penegakan penuh Regulasi Pasar Aset Kripto Eropa (MiCA) dengan menghapus stablecoin euro Tether, EURT.

Bitstamp adalah salah satu bursa pertama yang mencantumkan EURT pada November 2021 tetapi sekarang akan menghapus EURT sebelum akhir Juni, sesuai dengan pengumuman resmi pada 26 Juni.

Perusahaan menyatakan bahwa penghapusan ini sejalan dengan upaya mereka untuk mematuhi MiCA, yang akan mulai berlaku pada 30 Juni. Langkah ini menunjukkan komitmen Bitstamp terhadap regulasi dan keamanan dalam industri crypto.

Penurunan EURT dan Dampak MiCA

Diluncurkan pada 2021, EURT diterbitkan oleh Tether, perusahaan yang mengoperasikan stablecoin yang dipatok dolar AS, USDT, yang merupakan stablecoin terbesar berdasarkan nilai pasar lebih dari $110 miliar.

Kapitalisasi pasar EURT jauh lebih kecil dibandingkan dengan USDT, hanya bernilai sekitar $33 juta pada saat penulisan, menurut CoinGecko. Stablecoin ini mengalami penurunan signifikan dalam hal kapitalisasi pasar sejak 2022 dan 2023 setelah mencapai puncaknya sekitar $236 juta pada Februari 2022.

Menurut James Sullivan, direktur pelaksana Bitstamp untuk Inggris, bursa ini mendukung misi MiCA untuk membuat regulasi crypto seragam di seluruh Uni Eropa. Sullivan menekankan bahwa komitmen Bitstamp terhadap kepatuhan dan keamanan menempatkan mereka dalam posisi yang kuat untuk beradaptasi dengan perubahan yang disambut ini.

Baca Juga: 3 Alasan Mengapa Harga ONDO Bisa Meroket ke $2

Stabilitas dan Masa Depan Bitstamp

5 altcoin patut diperhatikan
The image created by AI

Langkah terbaru Bitstamp untuk menghapus stablecoin berdenominasi euro yang tidak mematuhi regulasi MiCA tidak akan mempengaruhi stablecoin yang tidak berdenominasi euro. Token yang tidak berdenominasi euro dan sudah tersedia di bursa tetapi tidak dalam regulasi MiCA tidak akan dihapus, namun ketersediaannya akan dibatasi pada produk tertentu untuk pelanggan Eropa.

Bitstamp juga menyatakan bahwa mereka tidak akan mencantumkan atau memasarkan token baru yang tidak memenuhi persyaratan MiCA. Selain EURT, Bitstamp mendukung perdagangan USDT dan stablecoin USD Coin dari Circle.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->