ETF Solana Spot VanEck Berpotensi Ditolak SEC AS, Ada Apa?

Updated
June 29, 2024
Gambar ETF Solana Spot VanEck Berpotensi Ditolak SEC AS, Ada Apa?

Jakarta, Pintu News – Pada Kamis, 27 Juni 2024, perusahaan investasi VanEck membuat langkah berani dengan mengajukan ETF spot Solana kepada Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC).

Sementara beberapa pelaku pasar mulai memprediksi jadwal persetujuan, pengajuan VanEck memiliki beberapa detail penting yang menyebutkan risiko yang terlibat.

Risiko Kepemilikan SOL Terkonsentrasi

Tidak seperti Bitcoin dan Ethereum, proposal VanEck untuk ETF spot Solana unik karena tidak ada perdagangan berjangka Solana di AS untuk menyertainya.

Baca juga: Aptos dan Alibaba Cloud Berkolaborasi untuk Mengubah Lanskap Web3 Asia!

Selain itu, tidak seperti aplikasi ETF lainnya, pengajuan VanEck juga mencantumkan risiko spesifik kepemilikan terkonsentrasi token SOL.

Pengajuan VanEck mencatat bahwa pada November 2023, 100 dompet Solana terbesar memegang hampir sepertiga dari semua SOL yang beredar.

“Sebagai akibat dari konsentrasi kepemilikan ini, penjualan atau distribusi besar oleh pemegang tersebut dapat berdampak buruk pada harga pasar,” catat VanEck.

Desentralisasi token sangat penting bagi investor dan regulator. Dengan demikian, kepemilikan Solana yang terkonsentrasi ini mungkin tidak sesuai dengan SEC dan bisa menjadi penghalang dalam persetujuan ETF VanEck Solana.

Awal tahun ini saat menyetujui ETF spot Bitcoin, Komisaris SEC Caroline Crenshaw juga menyatakan keprihatinan serupa tentang kepemilikan Bitcoin, menjelaskan mengapa dia tidak setuju dengan persetujuan tersebut.

Risiko Besar Lainnya dengan Solana

VanEck juga telah mengidentifikasi risiko spesifik lainnya yang terkait dengan Solana, terkait dengan mekanisme konsensus Proof of History yang unik.

Meskipun Proof of History memungkinkan Solana untuk memproses transaksi lebih cepat daripada blockchain lain seperti Ethereum, Solana juga telah menjadi korban pemadaman jaringan selama beberapa jam karena masalah dengan PoH dalam beberapa tahun terakhir.

Lebih lanjut, SEC mungkin mempertimbangkan hal ini saat memutuskan persetujuan ETF spot Solana.

Baca juga: Sonic, L2 Game di Solana, Meroket! Catat 100 Ribu Dompet dan 17 Juta Transaksi dalam Seminggu

Harga SOL Melonjak Setelah Pengajuan ETF

Tampaknya para pelaku pasar telah memutuskan untuk mengabaikan masalah ini untuk saat ini.

Segera setelah berita pengajuan, harga Solana melonjak dua digit hingga mencapai $150. Saat ini, harga SOL terus bertahan di dekat level ini.

Secara keseluruhan, meskipun pengajuan ETF spot Solana oleh VanEck merupakan langkah maju yang signifikan, masih ada beberapa risiko yang perlu dipertimbangkan.

Kepemilikan SOL yang terkonsentrasi dan masalah Proof of History bisa menjadi penghalang bagi persetujuan SEC.

Namun, jika disetujui, ETF ini bisa menjadi cara yang mudah bagi investor untuk mendapatkan eksposur ke Solana tanpa harus membeli dan menyimpan token sendiri.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->