Susul VanEck, 21Shares Ikut Mengajukan Aplikasi untuk ETF Solana Spot ke SEC!

Updated
June 30, 2024
Gambar Susul VanEck, 21Shares Ikut Mengajukan Aplikasi untuk ETF Solana Spot ke SEC!

Jakarta, Pintu News – 21Shares resmi mengajukan aplikasi untuk ETF Solana Spot kepada Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC) pada 28 Juni 2024.

ETF yang diusulkan ini akan dinamai 21Shares Core Solana ETF. Ini adalah aplikasi kedua untuk ETF Spot Solana yang diterima oleh SEC, setelah pengajuan dari VanEck sehari sebelumnya.

Lebih lanjut, ETF ini akan diperdagangkan di Cboe BZX Exchange, dengan Coinbase sebagai kustodian untuk aset Solana

SOL

3.92%

->
yang dipegang oleh dana tersebut, yang akan diasuransikan secara pribadi. Aset dana akan disimpan dalam dompet terpisah di blockchain Solana.

21Shares: Pelopor dalam ETF Kripto

21shares solana etf
Sumber: SEC

21Shares adalah perusahaan teknologi keuangan berbasis kripto yang berkantor pusat di Zurich, Swiss. Perusahaan ini sudah menawarkan ETF masa depan Ethereum

ETH

2.12%

->
dan Bitcoin

BTC

1.84%

->
di Amerika Serikat, bekerja sama dengan ARK Invest.

Baca juga: 21Shares dan VanEck Siap Luncurkan ETF Ethereum Spot, akankah Harga ETH Meroket?

Selain itu, 21Shares dan ARK Invest menawarkan ETF yang berinvestasi dalam BTC dan ETH futures serta ekuitas publik dari perusahaan yang terlibat dalam industri blockchain dan ekonomi digital.

Dalam aplikasi ini, 21Shares tidak akan berpartisipasi dalam validasi atau staking SOL. Nilai harian saham akan dihitung setiap 15 detik, sementara nilai SOL dalam dana akan ditentukan setiap hari pada pukul 16:00 ET (21:00 UTC).

Minat yang Meningkat pada Solana

Pengajuan ETF Spot Solana oleh 21Shares ini mengikuti langkah serupa oleh VanEck pada 27 Juni, yang mengakibatkan kenaikan harga SOL sebesar 7%.

Namun, pengajuan 21Shares tidak langsung mempengaruhi harga SOL, dengan token diperdagangkan sekitar $140,2 pada saat publikasi, turun lebih dari 6% pada hari itu.

Selain di AS, manajer dana Kanada 3iQ juga telah mengajukan ETF Spot Solana awal bulan ini, bertujuan untuk meluncurkan produk pertama semacam itu di Amerika Utara di Toronto Stock Exchange.

Langkah ini menunjukkan kepercayaan dan minat yang meningkat pada Solana sebagai aset yang layak untuk investasi institusional.

Tantangan dan Peluang

Meskipun ada lonjakan minat terhadap ETF Solana, kurangnya produk berjangka Solana dianggap sebagai hambatan potensial untuk persetujuan. Namun, beberapa percaya bahwa perubahan kepemimpinan dapat memfasilitasi proses ini.

Baca juga: Wih! Harga SOL Diprediksi Bisa Meroket 9 Kali Lipat dengan ETF Solana Spot

Eric Balchunas, analis senior ETF di Bloomberg, mencatat bahwa peluang persetujuan untuk Solana ETF terkait erat dengan potensi perubahan dalam kepresidenan AS dan sikap regulasi.

Setelah persetujuan ETF spot Ethereum pada Mei, analis Bernstein menyarankan bahwa Solana mungkin juga diklasifikasikan sebagai komoditas. Ini mengikuti keputusan SEC untuk menghentikan investigasi terhadap Ethereum 2.0, menunjukkan perubahan dalam cara agensi tersebut memandang aset digital tertentu.

Masa Depan ETF Solana

permohonan etf solana vaneck
Sumber:: Bitfinanzas

Brian Kelly dari CNBC baru-baru ini menyoroti Solana sebagai aset kripto besar berikutnya yang berpotensi menerima persetujuan ETF, setelah Bitcoin dan Ethereum.

Dia mencatat keberhasilan ETF Bitcoin, yang secara kolektif telah mengumpulkan jumlah Bitcoin yang signifikan, menunjukkan permintaan kuat untuk produk investasi kripto yang diatur.

Kepala penelitian digital VanEck, Matthew Sigel, juga membuat komentar serupa, membandingkan Solana dengan komoditas digital lain seperti Bitcoin dan Ether, menyoroti penggunaannya dalam transaksi dan layanan komputasi di blockchain.

Dia menekankan atribut kuat Solana, termasuk throughput tinggi, biaya transaksi rendah, protokol keamanan ketat, dan komunitas yang vibrant, yang memposisikannya secara menguntungkan untuk ETF.

Seiring evolusi pasar kripto dan adaptasi kerangka regulasi, potensi untuk ETF Spot Solana menjadi kenyataan semakin besar.

Investor dan pengamat industri akan terus memantau perkembangan ini dengan cermat, mengantisipasi dampak signifikan pada dinamika pasar dan peluang investasi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Coin68

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->