Algorand Luncurkan LiquidAuth, Solusi Desentralisasi untuk Keamanan Kripto!

Updated
July 1, 2024
Gambar Algorand Luncurkan LiquidAuth, Solusi Desentralisasi untuk Keamanan Kripto!

Jakarta, Pintu News – Algorand Foundation, organisasi nirlaba yang bertujuan untuk membangun dunia di mana informasi memiliki integritas dan ide-ide inovatif dapat berkembang, telah meluncurkan LiquidAuth.

LiquidAuth adalah solusi otentikasi dan komunikasi terdesentralisasi yang bertujuan untuk mengurangi ketergantungan pada sistem terpusat seperti WalletConnect dalam ekosistem kripto.

LiquidAuth memanfaatkan standar yang sudah ada seperti FIDO2/Passkeys untuk otentikasi, memastikan pesan diteruskan tanpa menyimpan data pengguna secara terpusat.

Aset digital, termasuk data pribadi, sering menjadi target serangan,” catat Algorand Foundation, yang berkomitmen untuk meningkatkan keamanan di seluruh platform digital.

Meningkatkan Keamanan dan Privasi

algorand foundation

Menurut siaran pers Algorand, pengguna dan pengembang mendapatkan aplikasi terdesentralisasi yang andal yang tidak melibatkan berbagi data pribadi atau izin umum dari penyedia terpusat.

Baca juga: Elastos Gandeng BEVM untuk Hadirkan Pinjaman P2P Bitcoin!

Alat ini meletakkan dasar untuk desentralisasi, yang meningkatkan keamanan dengan mengurangi vektor serangan dan kompatibilitas dengan proyek lain di dunia Web3.

LiquidAuth juga menegaskan kembali komitmen Algorand Foundation untuk pengembangan solusi terdesentralisasi, mendorong inovasi dan pada saat yang sama, menghindari jebakan sentralisasi ekonomi digital dan semua industri yang terkait dengannya.

Alternatif Terbuka dan Aman untuk WalletConnect

Lebih lanjut, LiquidAuth dikembangkan untuk menawarkan alternatif open-source, gratis, agnostik rantai, dan sangat aman untuk penyedia terpusat WalletConnect. WalletConnect adalah solusi izin yang digunakan oleh hampir setiap penyedia dompet kripto untuk terhubung ke dApps.

Sebagai penyedia terpusat, ia mewakili satu titik kegagalan; sebagai protokol, kegagalannya akan memengaruhi jutaan dompet dan pengguna.

Tujuan pengembangan LiquidAuth dan merilisnya ke komunitas Web3 ada tiga, yakni meningkatkan keamanan, meningkatkan privasi, dan mendorong desentralisasi. 

Selain itu, LiquidAuth mencerminkan komitmen berkelanjutan Algorand Foundation untuk menegakkan praktik terbaik desentralisasi di seluruh web3. Mereka adalah sponsor asosiasi Open Wallet Foundation, yang bertujuan untuk membangun lebih banyak alat dan standar untuk dompet yang dapat dioperasikan.

Baca juga: Base Network Ungguli Arbitrum sebagai Solusi Layer-2 Ethereum Paling Populer!

Awal tahun ini, Algorand Foundation juga ikut mengumumkan DeRec Alliance, yang bertujuan untuk menawarkan metodologi standar industri yang gratis, open-source, yang membuat pemulihan aset digital lebih mudah dan lebih aman untuk semua pengguna.

Manfaat LiquidAuth

Aset digital (termasuk data pribadi) menjadikan akun dan dompet online sering menjadi target serangan. Cara untuk mengurangi risiko ini termasuk menggunakan pengelola kata sandi, mengadopsi otentikasi dua faktor, menambahkan kunci keamanan fisik, dan menggunakan login tanpa kata sandi.

Namun, di Web3 dan Web2, proses di mana informasi ini dikomunikasikan antara akun dan aplikasi/layanan/dApps tidak selalu aman atau pribadi. Di mana komunikasi tidak aman, itu dapat dieksploitasi untuk mendapatkan akses ke akun; di mana komunikasi tidak bersifat pribadi, data dan informasi pengguna dapat diakses.

LiquidAuth adalah standar open-source, gratis, dan aman untuk komunikasi otentikasi yang lebih baik.

Secara keseluruhan, LiquidAuth adalah langkah penting menuju ekosistem kripto yang lebih aman dan terdesentralisasi. Dengan menyediakan alternatif open-source dan aman untuk WalletConnect, LiquidAuth membantu mengurangi risiko serangan dan melindungi privasi pengguna.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Forkast News

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->