Mengenal Pump Fun, Bagaimana Cara Kerjanya?

Updated
July 1, 2024
Gambar Mengenal Pump Fun, Bagaimana Cara Kerjanya?

Jakarta, Pintu News – Pump Fun telah menarik perhatian komunitas crypto dengan caranya yang inovatif dalam meluncurkan dan memperdagangkan memecoin

Platform ini memungkinkan siapa saja untuk menciptakan dan meluncurkan token baru yang dapat diperdagangkan secara instan dengan biaya kurang dari $2 dalam waktu kurang dari satu menit.

Artikel ini akan membahas apa itu Pump Fun, sejarahnya, cara kerjanya, dan bagaimana kamu bisa menggunakan Pintu Web3 Wallet untuk bertransaksi di platform ini!

Apa Itu Pump Fun?

Pump Fun diluncurkan pada Januari 2024, khusus untuk komunitas memecoin. Platform ini menawarkan sistem peluncuran yang adil dan mudah diakses, yang menjadi daya tarik utama bagi para pemburu memecoin awal.

Dengan biaya hanya 0,02 SOL (sekitar $3,5), pengguna, yang disebut sebagai Memelords atau Devs, dapat membuat token baru dan mulai memperdagangkannya dengan segera.

Pump Fun beroperasi terutama di jaringan Solana, memanfaatkan kecepatan transaksi yang tinggi dan biaya yang rendah. Baru-baru ini, Pump Fun juga memperluas dukungannya ke jaringan Blast, menawarkan lebih banyak peluang bagi pembuat dan pedagang token.

Sejarah Pump Fun

Pump Fun pertama kali diperkenalkan untuk transaksi token Solana sebelum memperluas dukungan ke protokol layer 2 Ethereum, Barrage.

Platform ini menarik perhatian besar dari komunitas crypto karena berhasil menghilangkan kebutuhan untuk menyuntikkan likuiditas awal yang besar untuk meluncurkan dan memperdagangkan token baru. Dalam 38 hari sejak peluncurannya, Pump Fun berhasil menghasilkan $5,2 juta.

Keberhasilan platform ini sebagian besar terletak pada kemudahan pembuatan token yang ditawarkan. Pengguna cukup memilih nama, ticker, dan gambar JPG untuk token mereka, kemudian bisa langsung mulai memperdagangkannya di kurva bonding.

Popularitas ini memungkinkan lebih banyak pengguna untuk melakukan transaksi token, mencapai likuiditas yang cukup untuk memungkinkan perdagangan di bursa terdesentralisasi seperti Raydium untuk token Solana dan Thruster DEX untuk token Blast.

Baca Juga: Unibot Crypto Terjun Bebas Sebesar 40% Setelah Putus dengan Solana!

Kapan Pump Fun Diluncurkan?

Pump Fun resmi diluncurkan pada Januari 2024, dan sejak saat itu, platform ini telah menarik minat besar dari komunitas crypto. Peluncuran ini bertepatan dengan musim meme Solana, yang membuat platform ini semakin dikenal di kalangan pemburu memecoin.

Peluncuran yang bertepatan dengan tren pasar ini memungkinkan Pump Fun untuk memanfaatkan momentum dan mendapatkan pengguna awal dengan cepat.

Komitmen Pump Fun terhadap peluncuran yang adil dan aman membantu platform ini mendapatkan reputasi positif dalam waktu singkat.

Cara Trading di Pump Fun

cara trading di pump fun
Sumber: Pump Fun Website

Trading di Pump Fun sangat mudah dan cepat. Setelah meluncurkan token, pengguna dapat memperdagangkannya langsung di platform melalui dua opsi utama: bot perdagangan Telegram dan aplikasi web Pump Fun.

Bot perdagangan Telegram seperti Trojan di Banana Gun Bot di Solana menawarkan pengalaman pengguna yang lebih baik, kecepatan, dan kenyamanan dalam bertransaksi.

Selain itu, pengguna juga dapat menggunakan aplikasi web Pump Fun untuk melakukan trading. Meskipun aplikasi web ini memberikan opsi yang mudah digunakan, bot Telegram sering direkomendasikan karena kemudahan dan kecepatan penggunaannya.

Pengguna dapat membeli dan menjual token berdasarkan kurva bonding, yang menyesuaikan harga secara dinamis berdasarkan penawaran dan permintaan di pasar.

Baca Juga: Mengenal MEV Bot Crypto, Bagaimana Cara Kerjanya?

Fungsi dan Cara Kerja Pump Fun

Pump Fun memperkenalkan model kurva bonding untuk perdagangan token Solana dan Blast. Kurva bonding adalah model matematis yang menentukan harga token berdasarkan pasokannya, yang biasanya meningkatkan harga seiring dengan bertambahnya jumlah token yang dibeli.

Model ini secara dinamis menyesuaikan likuiditas berdasarkan permintaan, menyediakan pendekatan alternatif untuk penyediaan likuiditas.

Setelah meluncurkan token di Pump Fun, pengguna dapat mulai memperdagangkannya di platform. Ada dua opsi utama untuk berdagang di Pump Fun: menggunakan bot perdagangan Telegram seperti Trojan di Banana Gun Bot di Solana, atau menggunakan aplikasi web Pump Fun.

Pengguna dapat membeli dan menjual token berdasarkan kurva bonding, yang menyesuaikan harga secara dinamis berdasarkan penawaran dan permintaan.

Cara Menghindari Scam di Pump Fun

Meskipun Pump Fun menawarkan banyak peluang, penting untuk berhati-hati terhadap potensi scam.

Beberapa jenis scam umum di Pump Fun termasuk pengembang yang membeli sebagian besar token dan menjualnya sebelum mencapai Raydium, menggunakan beberapa dompet untuk menaikkan harga secara artifisial sebelum menjual, atau pembelian besar tunggal untuk mendapatkan dominasi sebelum menjual.

Beberapa tanda merah yang harus diwaspadai termasuk dompet baru yang membeli token, riwayat proyek dumping, persentase tinggi dari pasokan yang dipegang oleh beberapa dompet, proyek atau situs web yang digunakan kembali, dan tautan yang rusak di situs web proyek.

Baca Juga: Paal AI: Ciptakan dan Integrasikan Bot Kripto & AI Canggih – Tanpa Batas

Menggunakan Pintu Web3 Wallet di Dapps

Pintu Web3 Wallet dapat digunakan untuk bertransaksi di Pump Fun dengan aman. Dompet ini memberikan tingkat keamanan yang tinggi dengan enkripsi yang kuat dan kontrol penuh atas kunci pribadi. Ini berarti hanya kamu yang memiliki akses ke aset digitalmu, mengurangi risiko pencurian.

Selain itu, Pintu Web3 Wallet memungkinkan kamu untuk melakukan investasi di berbagai meme token dan berinteraksi dengan berbagai aplikasi terdesentralisasi langsung dari dompetmu.

Kamu bisa melakukan transaksi apapun seperti swap, jual beli, hingga staking token, cukup dengan menghubungkan Pintu Web3 Wallet dengan berbagai dApps pilihanmu melalui fitur WalletConnect. Pintu Web3 Wallet bisa kamu download dan akses di sini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->