Pemerintah AS Pindahkan Ethereum Senilai Hampir $12 Juta, Apa yang akan Terjadi?

Updated
July 2, 2024
Gambar Pemerintah AS Pindahkan Ethereum Senilai Hampir $12 Juta, Apa yang akan Terjadi?

Jakarta, Pintu News – Baru-baru ini, pemerintah Amerika Serikat terlihat memindahkan sejumlah Ethereum ke alamat yang tidak diketahui pada 1 Juli 2024.

Menurut platform intelijen blockchain Arkham Intelligence, “0x05… e049”, sebuah alamat yang terkait dengan pemerintah AS mentransfer 3.375 Ethereum, senilai sekitar $11,75 juta pada saat transaksi dilakukan.

Khususnya, satu unit ETH sekarang diperdagangkan pada $3.477,20 setelah kenaikan 2,55% dalam 24 jam terakhir (1/7/24).

Barang Rampasan Ethereum Disita dari Warga Negara Estonia

debat presiden as

Mengutip laporan CoinSpeaker, transfer ETH dilakukan ke “0x5a… 1871” pada pukul 16:34 UTC+8 pada hari Senin (1/7/24).

Baca juga: Resmi! Hawaii Bebaskan Perusahaan Kripto dari Kewajiban Lisensi Transmitter Uang

Alamat AS tersebut menyimpan aset kripto yang disita dari pengusaha kripto asal Estonia, Sergei Potapenko dan Ivan Turõgin. Kedua warga negara Estonia ini terlibat dalam skema Ponzi mata uang kripto multi-segi yang sangat besar dalam bentuk layanan penambangan mata uang kripto yang diklaim sebagai HashFlare.

Potapenko dan Turogin diduga menipu para investor untuk menyerahkan dana mereka dengan menjanjikan keuntungan yang tinggi melalui operasi kripto dan usaha-usaha terkait.

Aktivitas ilegal mereka kemudian menarik perhatian pihak berwenang dan berujung pada penangkapan mereka pada November 2022.

Mereka menghadapi 18 dakwaan yang diajukan di Distrik Barat Washington yang mencakup konspirasi untuk melakukan penipuan kawat, 16 dakwaan penipuan kawat, dan satu dakwaan konspirasi untuk melakukan pencucian uang. Masing-masing pengusaha menghadapi hukuman maksimal 20 tahun penjara untuk setiap tuduhan.

Seperti banyak kasus penipuan kripto lainnya, pemerintah Amerika Serikat menyita barang rampasan mereka dan sejak itu menyimpannya dalam tahanan. Sebelum penyitaan ini, kepemilikan Bitcoin pemerintah AS telah mencapai total 216.788 BTC.

Transfer Kripto Pemerintah AS Memicu Spekulasi Aksi Jual

Transfer ETH baru-baru ini hanyalah salah satu dari sekian banyak transaksi yang telah diproses oleh pemerintah AS dalam beberapa minggu terakhir.

Arkham Intelligence melaporkan bahwa alamat pemerintah AS lainnya yang digunakan untuk menyimpan dana yang disita, mentransfer 11,84 BTC ke alamat baru “3KHnTq… muuso9”. Transfer tersebut bernilai $726.000 pada saat itu.

Baca juga: Metaplanet Kembali Borong Bitcoin Senilai $1,2 Juta, Harga Saham Melonjak 61%!

Meskipun transaksi tersebut terlihat kecil, namun diduga merupakan tes awal sebelum transfer yang lebih besar. Transfer baru Ethereum senilai $11 juta menggarisbawahi posisi para spekulan.

Frekuensi transfer ini menunjukkan aksi jual yang akan segera terjadi yang dapat semakin menekan harga kripto. Spekulasi bearish ini muncul karena transfer bertepatan dengan saat pasar mengalami volatilitas harga.

CEO CryptoQuant, Ki Young Ju, pernah mencoba meredakan kekhawatiran yang terkait dengan penjualan Bitcoin oleh pemerintah AS.

Menurutnya, transfer tersebut tidak akan berdampak pada pasar secara signifikan karena kapasitas bursa yang menerima untuk menangani likuiditas yang cukup.

Di sisi lain, Adam Back, salah satu pendiri dan CEO Blockstream sangat yakin bahwa penjualan tersebut berpotensi menguntungkan bagi pembeli Bitcoin jangka panjang, yang secara luas dikenal sebagai “HODLers”.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->