Harga Hash Bitcoin Mencapai Titik Terendah Sepanjang Masa, Ini Analisanya!

Updated
July 2, 2024
Gambar Harga Hash Bitcoin Mencapai Titik Terendah Sepanjang Masa, Ini Analisanya!

Jakarta, Pintu News – Harga hash Bitcoin telah mencapai titik terendah sepanjang masa, dan para penambang mulai mencari mata uang kripto Proof-of-Work (PoW) lainnya sebagai lindung nilai terhadap ketidakpastian pasar Bitcoin saat ini. Simak analisa lengkapnya disini!

Penambang Bitcoin Menyerah: Harga Hash Mencapai Titik Terendah

harga hash bitcoin
Grafik yang menunjukkan penarikan hashrate dari Desember 2022 hingga hari ini. Sumber: CryptoQuant

Penyerahan penambang Bitcoin setelah peristiwa halving Bitcoin pada bulan April tetap menjadi peristiwa yang paling banyak ditonton. Sesuai dengan data on-chain, harga hash Bitcoin telah menyentuh titik terendah sepanjang masa karena beberapa penambang dilaporkan mematikan rig karena mereka tidak dapat mengatasi biaya yang meningkat dan hadiah yang menurun.

Dalam pembaruan baru-baru ini, CEO CryptoQuant Ki Young Ju menyebutkan bahwa harga hash Bitcoin telah mencapai titik terendah sepanjang masa. Hal ini telah menyebabkan beberapa perusahaan pertambangan memperlambat investasi mereka dalam rig penambangan.

Dengan demikian, sebagai lindung nilai terhadap ketidakpastian pasar bitcoin saat ini, penambang telah mulai mencari mata uang kripto Proof-of-Work (PoW) lainnya.

Baca Juga: Metaplanet Kembali Borong Bitcoin Senilai $1,2 Juta, Harga Saham Melonjak 61%!

Penyerahan Penambang di Titik Terendah 18 Bulan

hash ribbons bitcoin
Indikator hash ribbons Bitcoin. Sumber: Capriole

CryptoQuant telah mengamati bahwa penambang Bitcoin saat ini mengalami penurunan profitabilitas yang signifikan, mirip dengan penurunan tajam yang disaksikan pada bulan Desember 2022.

Selama periode itu, penambang menghadapi penurunan 7,6% dalam pendapatan mereka, bertepatan dengan titik terendah siklus pasar setelah keruntuhan FTX.

Ju lebih lanjut menambahkan bahwa pergeseran penambang saat ini tidak menandakan akhir dari siklus saat ini. Dia lebih lanjut menyatakan bahwa perusahaan penambangan Bitcoin tidak bearish jangka panjang tentang Bitcoin, namun mereka hanya melakukan lindung nilai dan menunggu likuiditas sisi beli pulih.

Baca Juga: Harga Bitcoin Hari ini (2/7): BTC Akan Kembali Melonjak, Akankah Tren Ini Bertahan?

Analisis Pasar

Akan menarik untuk melihat berapa lama penambang BTC akan terus menyerah. Sesuai QCP Capital, $58.000-$60.000 telah terbukti menjadi level support yang kuat untuk Bitcoin sepanjang kuartal kedua.

Namun, pasar terus menghadapi tekanan jual lebih lanjut dari penjualan oleh pemerintah serta rilis Bitcoin Mt. Gox.

QCP Capital percaya bahwa harga Bitcoin akan melihat penurunan lebih lanjut ke $50.000 di mana ia menemukan support yang kuat. Pada titik harga ini, mungkin ada minat yang meningkat dari lembaga keuangan tradisional.

Kesimpulan

Penyerahan penambang Bitcoin adalah indikator penting dari kondisi pasar saat ini. Dengan harga hash yang mencapai titik terendah sepanjang masa, akan menarik untuk melihat bagaimana penambang akan bereaksi di bulan-bulan mendatang.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->