Ethereum Alami Penarikan Dana Terbesar Sejak 2022! Apa yang Terjadi?

Updated
July 2, 2024
Gambar Ethereum Alami Penarikan Dana Terbesar Sejak 2022! Apa yang Terjadi?

Jakarta, Pintu News – Produk investasi Ethereum mengalami penarikan dana terbesar sejak Agustus 2022, dengan arus keluar mencapai $61 juta pada akhir Juni 2024.

Penurunan ini terjadi meskipun persetujuan ETF Ether dari SEC AS diharapkan segera diluncurkan. Artikel ini akan membahas lebih dalam mengenai alasan di balik penarikan besar-besaran ini dan dampaknya terhadap pasar crypto global. Simak berita lengkapnya disini!

Penarikan Dana Besar-Besaran di Produk Investasi Ethereum

aliran dana mingguan crypto
Aliran aset kripto mingguan. Sumber: CoinShares

Produk investasi Ethereum, seperti dana yang diperdagangkan di bursa (ETP), mengalami minggu terakhir Juni yang bergejolak, mencatat arus keluar terbesar sejak Agustus 2022.

Menurut analisis mingguan CoinShares, investor menarik $61 juta dari produk investasi Ethereum antara 24-29 Juni, membawa total arus keluar selama dua minggu terakhir menjadi $119 juta dan saldo total bulan Juni menjadi $37 juta dana yang ditarik.

Penurunan ini menjadikan dana Ether sebagai aset dengan kinerja terburuk tahun ini dalam hal arus bersih, dengan $25 juta ditarik sejauh ini.

Harga Ethereum juga turun lebih dari 8,7% di bulan Juni meskipun mendapat persetujuan ETF Ether dari Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) pada bulan Mei. Analis mengharapkan delapan dana yang disetujui ini untuk debut dalam beberapa minggu mendatang.

Menurut analis ETF Bloomberg, Eric Balchunas dan James Seyffart, SEC baru-baru ini meminta calon penerbit untuk mengajukan ulang formulir S-1 mereka pada 8 Juli, mendorong peluncuran ETF hingga pertengahan Juli atau lebih.

Baca Juga: Persetujuan Ethereum ETF Bisa Picu Bull Run Crypto! Apa yang Harus Kamu Ketahui?

Reaksi Pasar ETP Global terhadap Risiko Makroekonomi

volume etp crypto melonjak
Sumber: Coin Republic

Arus keluar dari ETP Ethereum ini sebagian besar didorong oleh perubahan ekspektasi kebijakan makroekonomi, terutama terkait dengan risiko inflasi. Federal Reserve AS, yang belum menaikkan suku bunga sejak Juli 2023, mungkin melakukannya tahun ini.

Meskipun angka inflasi bulan Mei lebih rendah dari yang diharapkan, yakni 3,3%, angka tersebut masih jauh di atas target Fed sebesar 2%. Investor terkenal Rob Arnott memperkirakan suku bunga akan naik tahun ini antara 3,5% dan 5%. Pada kisaran atas tersebut, Fed kemungkinan akan menaikkan suku bunga.

Suku bunga memiliki dampak besar pada crypto, karena sebagian besar investor memperlakukan crypto sebagai aset berisiko. Ketika suku bunga lebih tinggi, obligasi yang menghasilkan bunga memberikan hasil yang lebih baik, membuatnya lebih menarik secara relatif. Meskipun demikian, ada perbedaan signifikan dalam arus regional ke ETP.

Di AS, ETP crypto mencatat arus masuk sebesar $43 juta, sementara Jerman, Hong Kong, Kanada, dan Swiss mengalami arus keluar masing-masing sebesar $29 juta, $23 juta, $14 juta, dan $13 juta.

Baca Juga: Harga Bitcoin Hari ini (2/7): BTC Akan Kembali Melonjak, Akankah Tren Ini Bertahan?

Mengapa Hal Ini Penting?

Produk investasi Ethereum seperti ETP adalah cara utama lembaga mendapatkan eksposur ke aset crypto. Investasi mereka membawa sejumlah besar modal ke pasar crypto dan secara signifikan mempengaruhi harga aset digital.

Meskipun mengalami arus keluar besar-besaran, Ethereum masih naik 80,19% tahun ini hingga saat ini. Dengan potensi peluncuran ETF Ethereum yang diatur, tren ini mungkin akan berbalik, karena investor di AS mulai mendapatkan eksposur terhadap aset ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->