Semakin Dirangkul, Pengguna Web3 Melonjak 40% dan Capai Rekor Tertinggi di Q2!

Updated
July 8, 2024
Gambar Semakin Dirangkul, Pengguna Web3 Melonjak 40% dan Capai Rekor Tertinggi di Q2!

Jakarta, Pintu News ā€“ Menurut laporan terbaru DappRadar, pengguna Web3 melonjak 40% pada kuartal kedua tahun 2024, mencapai rekor tertinggi dengan sekitar 10 juta dompet aktif unik harian (dUAW).

Pertumbuhan ini menandai tren bullish di berbagai sektor industri aplikasi terdesentralisasi (DApp).

Pertumbuhan dApps Sosial dan NFT Menandai Q2

Sektor sosial mengalami peningkatan tertinggi, dengan kenaikan dUAW sebesar 66%. Kenaikan ini didorong oleh aplikasi seperti Fantasy.top dan UXLINK. Sektor game blockchain juga mengalami peningkatan pengguna, meskipun pangsa pasarnya sedikit menurun.

Baca juga: WOO dan Yei Finance Berkolaborasi untuk Tingkatkan Layanan Keuangan Blockchain!

Bursa terdesentralisasi (DEX) seperti Uniswap dan Raydium mencatat peningkatan aktivitas pengguna yang substansial. dUAW Uniswap naik 80%, dan Raydium naik 134%, karena masuknya pedagang meme coin.

Sumber: DappRadar

Pasar NFT menikmati penggunaan tertinggi sejak Q1 2023, dengan volume perdagangan $4 miliar di lebih dari 14,9 juta perdagangan individual. Pangsa pasar Magic Eden tumbuh dari 17% menjadi 22%, sementara dominasi Blur turun menjadi 31%.

TVL Ethereum L2, Linea dan Base, Melonjak

Meskipun jumlah pengguna meningkat, nilai total kripto yang terkunci dalam aplikasi DeFi turun sebesar $7 miliar. Penurunan ini sebesar 4% dari kuartal sebelumnya. Tron dan Arbitrum mengalami kerugian besar dalam TVL, masing-masing turun 17% dan 9%.

Sumber: DappRadar

Baca juga: Valora Luncurkan ā€˜Mobile Stackā€™ untuk Permudah Aplikasi Web3 di iOS dan Android!

Namun, solusi lapisan-2 Ethereum Linea dan Base melawan tren, dengan TVL Linea melonjak 420% dan Base sebesar 44%.

DappRadar memperingatkan bahwa pertumbuhan dramatis dalam dUAW mungkin tidak berkelanjutan. Mereka menghubungkan sebagian peningkatan dengan ā€œairdrop farming,ā€ di mana pengguna terlibat dalam aktivitas untuk mendapatkan token airdrop.

Secara keseluruhan, pertumbuhan pengguna Web3 menunjukkan minat yang meningkat pada teknologi terdesentralisasi. Namun, kekhawatiran keamanan masih menjadi perhatian utama.

Penting bagi pengembang dan pengguna untuk mengambil langkah-langkah untuk melindungi diri mereka sendiri dari serangan dan penipuan.

Ikuti kami diĀ Google NewsĀ untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputarĀ crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->