VanEck dan 21Shares Ajukan Pembaruan ETF Ethereum Spot: Apa Artinya bagi Pasar Crypto?

Updated
July 9, 2024
Gambar VanEck dan 21Shares Ajukan Pembaruan ETF Ethereum Spot: Apa Artinya bagi Pasar Crypto?

Jakarta, Pintu News – Perusahaan manajemen aset VanEck dan 21Shares baru-baru ini mengajukan pembaruan pada registrasi S-1 mereka dengan Securities and Exchange Commission (SEC) Amerika Serikat untuk mencantumkan dan memperdagangkan saham dari exchange-traded fund (ETF) Ethereum spot.

Pengajuan ini merupakan bagian dari upaya terakhir perusahaan untuk mendapatkan persetujuan akhir dari SEC. Simak berita lengkapnya berikut ini!

VanEck dan 21Shares Siap Meluncurkan ETF Ethereum Spot

Pada 8 Juli, VanEck mengajukan amandemen pada pernyataan registrasi Form S-1 mereka sebagai bagian dari upaya perusahaan untuk mendapatkan persetujuan akhir dari SEC untuk ETF Ethereum mereka.

21Shares juga mengajukan form yang serupa untuk Core Ethereum ETF mereka. Meskipun tidak ada tanggal peluncuran spesifik yang tercantum, pengajuan tersebut menyatakan bahwa peluncuran akan dilakukan “secepat mungkin setelah tanggal efektif” dari registrasi.

Pengajuan yang diperbarui ini merupakan bagian dari tahap terakhir persetujuan yang diperlukan oleh SEC sebelum perusahaan manajemen aset dapat mencantumkan saham ETF Ethereum spot. Bitwise telah mengajukan registrasi mereka sendiri pada 3 Juli, dan para ahli memprediksi bahwa perusahaan lain akan mengikuti dalam tujuh hari ke depan.

Baca Juga: Lionel Messi Promosikan Memecoin $WATER di Instagram, Harganya Langsung Meroket!

Harapan Peluncuran ETF Ethereum Spot di Bulan Juli

21shares ethereum etf
Sumber: SEC

Pada 23 Mei, SEC menyetujui pengajuan ETF spot Ether 19b-4 dari delapan manajer aset, termasuk VanEck, 21Shares, dan Bitwise. Para ahli mengindikasikan bahwa persetujuan akhir dapat datang pada bulan Juli.

Ketua SEC, Gary Gensler, mengatakan dalam sidang Komite Perbankan Senat pada bulan Juni bahwa komisi tersebut dapat menyetujui S-1 “sometime over the course of this summer” tetapi tidak memberikan tanggal spesifik.

Eric Balchunas, seorang analis dari Bloomberg, mencatat ekspektasinya bahwa semua perusahaan akan mengikuti, kecuali Bitwise yang telah mengajukan pengajuan minggu lalu. Balchunas mengatakan bahwa bola sekarang ada di pengadilan SEC.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Harga Bitcoin Telah Mencapai Titik Terendah di $53.000

Dampak Potensial bagi Pasar Ethereum

Peluncuran ETF Ethereum spot diharapkan dapat memberikan dampak besar pada pasar Ethereum.

Pada hari yang sama dengan pengajuan VanEck dan 21Shares, harga Ethereum menembus angka $3.000, dengan volume perdagangan token meningkat sebesar 116%, menurut CoinMarketCap. Antisipasi terhadap kedatangan ETF spot ETH diperkirakan akan memicu rally besar untuk aset tersebut.

Kehadiran ETF spot memungkinkan investor institusi untuk mendapatkan eksposur langsung ke harga Ethereum tanpa harus membeli dan menyimpan aset dasar. Ini dapat meningkatkan likuiditas dan stabilitas harga Ethereum, serta memperluas basis investor dengan menarik partisipasi dari lembaga keuangan besar.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

*Featured Image: KITCO

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->