Widih! Dana Tokenisasi BUIDL BlackRock Capai Kapitalisasi Pasar $500 Juta dalam 4 Bulan

Updated
July 9, 2024
Gambar Widih! Dana Tokenisasi BUIDL BlackRock Capai Kapitalisasi Pasar $500 Juta dalam 4 Bulan

Jakarta, Pintu News – BlackRock, manajer aset terbesar di dunia, telah berhasil membawa dana BUIDL mereka ke kapitalisasi pasar sebesar $500 juta dalam waktu kurang dari empat bulan sejak diluncurkan.

Menurut Etherscan, dana ini sekarang memegang $502,8 juta dalam bentuk surat berharga yang ditokenisasi.

Pertumbuhan Cepat Dana Tokenisasi BlackRock

Grafik Transaksi Blackrock – Sumber: Etherscan

Pertumbuhan cepat dana BUIDL didorong oleh pembelian terbaru dari perusahaan tokenisasi aset dunia nyata, Ondo Finance, yang menggunakan BUIDL sebagai aset pendukung untuk token OUSG mereka.

Baca juga: Seorang Whale Pindahkan $3,8 Juta Pendle Crypto ke Binance, Apa yang Terjadi?

Lebih lanjut, BUIDL melampaui Franklin OnChain U.S. Government Money Fund (BENJI) pada akhir April untuk menjadi dana treasury ter-tokenisasi terbesar di dunia, posisi yang telah dipertahankannya sejak diluncurkan pada 15 Maret.

Dana ini mempertahankan harga stabil yang dipatok 1:1 dengan dolar AS dan mendistribusikan dividen yang diperoleh setiap hari langsung kepada investor setiap bulan melalui kemitraannya dengan platform tokenisasi aset dunia nyata, Securitize.

Ondo Finance memegang saham terbesar BUIDL sebesar $173,7 juta, diikuti oleh penerbit stablecoin Mountain Protocol, yang juga memegang BUIDL untuk mendukung stablecoin penghasil hasil tanpa izin mereka, USDM.

Dukungan dari Pasar dan Pertumbuhan Tokenisasi Aset

Mengutip laporan Crypto Times, data dari Dune Analytics menunjukkan bahwa sekarang ada total $1,67 miliar dana treasury ter-tokenisasi di blockchain, dengan Ethereum memimpin pasar tokenisasi blockchain dengan pangsa lebih dari 75%, diikuti oleh Stellar dengan 23,9%.

Baca juga: Produk Investasi Aset Digital Catat Inflow $441 Juta Ditengah Tekanan Penjualan!

CEO BlackRock, Larry Fink, sebelumnya menyoroti potensi tokenisasi blockchain untuk meningkatkan efisiensi di pasar modal.

Boston Consulting Group memperkirakan bahwa pasar tokenisasi blockchain dapat mencapai $16 triliun pada tahun 2030, mencakup tidak hanya Surat Berharga AS tetapi juga saham, real estat, dan berbagai aset lainnya.

Sementara transaksi aset dunia nyata mencapai puncaknya pada April 2024, data terbaru dari Dune Analytics menunjukkan penurunan volume transaksi sejak saat itu.

WisdomTree dan beberapa perusahaan asli blockchain seperti Ondo Finance, Backed Finance, Matrixdock, Maple Finance, dan Swarm secara aktif terlibat dalam tokenisasi aset dunia nyata.

Kenaikan cepat dana treasury ter-tokenisasi BUIDL BlackRock ke kapitalisasi pasar $500 juta menggarisbawahi minat investor yang terus berkembang dalam tokenisasi aset berbasis blockchain, menandakan potensi perubahan paradigma dalam pasar modal global.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

*Featured Image: Ledger Insights

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->