Produk Investasi Aset Digital Catat Inflow $441 Juta Ditengah Tekanan Penjualan!

Updated
July 9, 2024
Gambar Produk Investasi Aset Digital Catat Inflow $441 Juta Ditengah Tekanan Penjualan!

Jakarta, Pintu News – Laporan terbaru dari CoinShares mengungkapkan peluang beli pasar yang mencapai $441 juta dalam aliran masuk untuk produk investasi aset digital dalam seminggu terakhir.

Laporan terbaru ini juga menyoroti aliran masuk ke Bitcoin

BTC

2.65%

->
sebesar $398 juta. Menurut CoinShares, lemahnya harga Bitcoin, bersama dengan aktivitas dari Mt. Gox dan tekanan jual dari pemerintah Jerman, adalah kemungkinan penyebab dari lonjakan pembelian oleh investor.

Aliran Masuk ETF Ethereum dan Pengaruhnya

Sumber: CoinShares

Aliran masuk terutama terlihat di Amerika Serikat dengan $384 juta, diikuti oleh Hong Kong ($32 juta), Swiss ($24 juta), dan Kanada ($12 juta), sementara Jerman mengalami aliran keluar sebesar $23 juta.

Baca juga: Metaplanet Borong Bitcoin Lagi Sebesar $2,5 Juta, Harga Saham Bakal Ikut Terbang?

Minggu lalu adalah minggu besar bagi bursa kripto Jepang yang sudah tidak berfungsi, Mt. Gox. Pada 5 Juli 2024, Mt. Gox memindahkan lebih dari 47.000 BTC, senilai sekitar $2,7 miliar pada saat itu, ke alamat dompet yang tidak dikenal sebagai bagian dari upaya untuk membayar kreditor mereka.

Pada hari yang sama, pembayaran dimulai dalam bentuk Bitcoin dan Bitcoin Cash

BCH

0.87%

->
kepada kreditor terpilih melalui bursa kripto yang ditunjuk seperti yang diuraikan dalam rencana rehabilitasi Mt. Gox.

Beberapa analis berspekulasi bahwa mayoritas mantan kreditor Mt. Gox dapat menjual Bitcoin mereka, mengingat nilainya telah meningkat lebih dari 8.500% sejak bursa tersebut runtuh.

Selain itu, pemerintah Jerman memindahkan 3.000 BTC senilai sekitar $172 juta pada saat penulisan ke berbagai bursa kripto dan dompet yang tidak dikenal.

Pengaruh Tekanan Jual Mt. Gox pada Harga Bitcoin

Pada catatan terbaru, Matteo Greco, seorang analis riset di Fineqia International, menyoroti pengaruh tekanan jual dari Mt. Gox dan penambang pada penurunan harga Bitcoin, dilansir dari Crypto News (8/7/24).

Bitcoin menutup minggu ini pada sekitar $55.850, menandai penurunan 11% dari harga penutupan minggu sebelumnya. Sepanjang minggu, tekanan jual yang kuat terlihat, dengan BTC diperdagangkan serendah $53.500 sebelum rebound ke $58.250 dan akhirnya ditutup pada $55.850.

Volume perdagangan on-chain tetap konsisten dengan rata-rata tahun-ke-tahun, dengan volume harian BTC on-chain sekitar $41,1 miliar dan volume mingguan sekitar $288 miliar.

Tekanan jual on-chain yang tinggi dapat dikaitkan dengan dimulainya pembayaran Mt. Gox, serta tekanan jual yang sedang berlangsung dari penambang setelah halving baru-baru ini.

Baca juga: Ekonom Alex Krüger Sebut 5 Katalis yang Bisa Memicu Kembali Momentum Bullish Bitcoin (BTC)

Diversifikasi Investasi dalam Altcoin

Selanjutnya, laporan CoinShares juga menyoroti aliran masuk Bitcoin yang mencapai sekitar $398 juta, mewakili sekitar 90% dari total aliran masuk, dengan investor yang mulai melirik altcoin lainnya.

Sumber: CoinShares

Solana

SOL

2.75%

->
menerima aliran masuk sebesar $16 juta minggu lalu, menjadikannya altcoin dengan kinerja terbaik dalam hal aliran masuk dengan $57 juta sepanjang tahun ini. Ethereum

ETH

0.71%

->
melihat aliran masuk sebesar $10 juta.

Meskipun sentimen terhadap Ethereum tampaknya telah berubah positif, namun ETP Ethereum tetap menjadi satu-satunya produk yang melihat aliran keluar bersih sepanjang tahun ini. Sentimen ini tidak tercermin dalam ekuitas blockchain, yang mengalami aliran keluar lebih lanjut sebesar $8 juta minggu lalu, membawa aliran keluar tahun-ke-tahun menjadi $556 juta.

Secara keseluruhan, aliran masuk ini juga terjadi ketika ETF Bitcoin spot di AS mengalami lonjakan investasi yang signifikan minggu lalu. Pada 6 Juli 2024, dana tersebut mencatat aliran masuk bersih sebesar $143 juta, mencerminkan jumlah tertinggi sejak awal Juni.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->