Penjualan Bitcoin Bisa Menempatkan Saham ETF di Rak Diskon, Saatnya Borong Harga Murah?

Updated
July 10, 2024
Gambar Penjualan Bitcoin Bisa Menempatkan Saham ETF di Rak Diskon, Saatnya Borong Harga Murah?

Jakarta, Pintu News ‚Äď Harga Bitcoin

BTC

2.65%

->
spot mengalami penurunan dramatis ke level terendah dalam 4 bulan terakhir, sekitar $53.500. Penurunan ini dipicu oleh kekhawatiran pasar terhadap likuidasi besar-besaran BTC yang akan datang dari pemerintah Jerman dan Mt. Gox, bursa crypto Jepang yang telah bangkrut.

Harga saham dari ETF BTC teratas sudah mulai merasakan tekanan ini. Jika volatilitas pasar crypto berlanjut, kemungkinan besar saham-saham ini akan dijual dengan diskon menarik.

Menghilangnya Premium

ETF Bitcoin seperti Franklin Templeton Digital Holdings Trust (EZBC), VanEck Bitcoin Trust (HODL), dan iShares Bitcoin Trust (IBIT) telah muncul sebagai standar baru bagi pemegang BTC spot sejak regulator AS memberikan lampu hijau untuk dana yang diperdagangkan secara publik pada Januari.

Namun, perlindungan investor yang kuat dan protokol keamanan dari dana-dana ini datang dengan biaya. Saham ETF Bitcoin telah diperdagangkan dengan premi yang persisten terhadap nilai aset bersih (NAV) ‚Äď nilai dari kepemilikan BTC spot dasar dana tersebut ‚Äď sejak didirikan, karena modal institusional mengalir ke kelas aset baru yang panas ini. Pada awal Juli, saham dari lima dana Bitcoin teratas diperdagangkan dengan premi rata-rata hampir 1%.

Baca Juga: Notcoin Meroket di Tengah Pemulihan Pasar Crypto: Peluang Besar atau Gelembung?

Arbitrase Epik

Trader BTC berpengalaman tidak asing dengan mendapatkan keuntungan dari diskon NAV. Pada akhir 2022, saham Grayscale Bitcoin Trust (GBTC), dana Bitcoin perintis, diperdagangkan dengan diskon mendekati 50% dari NAV karena kekhawatiran investor bahwa dana tersebut ‚Äď yang pada saat itu menggunakan struktur dana yang kurang likuid ‚Äď tidak akan pernah mendapatkan persetujuan regulasi untuk diubah menjadi ETF.

Trader yang bertaruh sebaliknya melihat keuntungan yang belum pernah terjadi sebelumnya dari apa yang pada dasarnya adalah ‚Äúpenjualan Bitcoin beli satu dapat satu gratis.‚ÄĚ Aplikasi ETF Grayscale disetujui pada Januari dan GBTC sekarang diperdagangkan dengan premi 0,04%. Hedge fund seperti Fir Tree Partners dan Hunting Hill dilaporkan mengunci diskon yang melebihi 40%.

Peluang ETF Baru

Jika kamu menunggu arbitrase sebesar Grayscale untuk datang lagi, jangan tahan napas. Keadaan di balik spread besar GBTC tidak mungkin terulang. Persetujuan regulasi ETF BTC telah meningkatkan likuiditas di pasar publik. Investor crypto institusional juga semakin menyadari nilai dari BTC. Dana Bitcoin telah melihat arus masuk bersih sebesar $398 juta sejak penjualan besar-besaran.

Namun, peluang signifikan masih bisa menunggu trader yang cerdas. Pada bulan Mei, saham BlackRock’s IBIT ETF sempat turun dengan diskon hampir 2% karena pemegang institusional melakukan rebalancing akhir bulan di tengah pasar yang volatil. Dana lainnya, termasuk FBTC, BITB, dan ARK 21Shares Bitcoin ETF (ARKB) diperdagangkan dengan diskon hampir 1,5% secara bersamaan.

Penutup

Dengan pemerintah Jerman dan Mt. Gox yang bersiap untuk menjual miliaran dolar BTC, volatilitas pasar yang tinggi tidak bisa dihindari. Perhatikan arbitrase ETF berukuran serupa dalam beberapa bulan mendatang, dan berikan perhatian khusus pada EZBC, HODL, dan IBIT. ETF ini, semuanya disponsori oleh manajer aset blue-chip, menawarkan diskon besar pada biaya manajemen, dalam beberapa kasus membebaskan biaya sepenuhnya hingga 2025.

Trader yang bersedia melihat melewati ketidakpastian hari ini berpotensi mendapatkan keuntungan. Terlepas dari tekanan penjualan, BTC siap untuk kebangkitan bullish sebelum akhir tahun, berkat pemotongan suku bunga yang akan datang oleh Federal Reserve atau Fed, dan peluang yang lebih baik dari sebelumnya bahwa Donald Trump akan menang dalam pemilihan presiden Amerika Serikat pada bulan November.

Baca Juga: Token Crypto Selebriti Akan ‚ÄúPasti‚ÄĚ Menarik Perhatian SEC, Kata Pengacara, Benarkah?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

*Featured Image: The image created by AI

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->