Fear and Greed Index Crypto (10/7/24): Menukik ke Titik Terendah Sejak 2023!

Updated
July 10, 2024
Gambar Fear and Greed Index Crypto (10/7/24): Menukik ke Titik Terendah Sejak 2023!

Jakarta, Pintu News – Pasar kripto sedang dilanda sentimen negatif, dengan Fear and Greed Index crypto mencapai titik terendah sejak Januari 2023. Namun, apakah ini saat yang tepat untuk membeli? Simak analisa lengkapnya disini!

Fear and Greed Index Crypto Hari Ini 10 Juli 2024

fear and greed index crypto hari ini
Sumber: Alternative.me

Fear and Greed Index crypto, yang mengukur sentimen pasar, turun tajam menjadi 27 dan menyentuh zona ‘Fear’ pada 9 Juli 2024. Terakhir kali indeks berada di level serendah ini adalah pada Januari 2023, tak lama setelah bursa kripto FTX kolaps.

Saat itu, harga Bitcoin berada di sekitar $16.500. Namun, pada akhir bulan, data TradingView menunjukkan bahwa Bitcoin telah pulih dan diperdagangkan sekitar $22.000.

Sementara itu, per hari ini, 10 Juli 2024, Fear and Greed Index crypto berada di angka 28 dan menyentuh zona ‘Fear’.

Baca Juga: 5 Altcoin Melonjak Hari Ini (10/7/24), Harga SEILOR Terbang Tinggi hingga 50%!

Aktivitas Investor dan Sektor Penambangan

Menariknya, di tengah penurunan baru-baru ini, investor justru membeli dana Bitcoin. Aktivitas ini menunjukkan kinerja luar biasa dari dana tersebut. Arus masuk dana Bitcoin mingguan terbesar dalam lebih dari sebulan menunjukkan hal ini.

Di sektor penambangan, industri ini menyesuaikan diri dengan halving yang terjadi pada bulan April dengan memperluas sumber pendapatan dan meningkatkan hashrate melalui kolaborasi, merger, dan akuisisi yang tepat waktu.

Sebagai contoh, CleanSpark baru-baru ini mengumumkan akuisisi lima fasilitas penambangan di Georgia senilai $25,8 juta. Transaksi ini diharapkan akan meningkatkan daya pemrosesan fasilitas lebih dari 3,7 exahash per detik, dengan output daya gabungan 8 hingga 15 megawatt, atau 60 megawatt.

Baca Juga: Token Hamster Kombat (HMSTR) Meroket 10.000% dalam Pre-Market Trading Bybit!

Perusahaan penambangan Bitcoin publik mengumpulkan $2 miliar dalam pendanaan ekuitas menjelang penurunan pendapatan yang disebabkan oleh halving. Pemimpin seperti CleanSpark, Riot Platforms, dan Marathon Digital telah memperkuat posisi keuangan mereka; pada akhir Maret, mereka memiliki cadangan Bitcoin yang signifikan dan memiliki lebih dari $1,33 miliar dalam bentuk tunai.

Namun, terlepas dari upaya ini, pendapatan penambang telah menurun sebesar 63% setelah halving, menurut CryptoQuant. Meskipun demikian, Bitcoin baru-baru ini melonjak, diperdagangkan pada $57.683, naik 3,3% dari hari sebelumnya dan naik 28,1% dari awal tahun.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

*Featured Image: Generated by Ai

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->