Lagi dan lagi, Pemerintah Jerman Mulai Menjual Bitcoin Senilai $276 Juta!

Updated
July 10, 2024
Gambar Lagi dan lagi, Pemerintah Jerman Mulai Menjual Bitcoin Senilai $276 Juta!

Jakarta, Pintu News ‚Äď Pemerintah Jerman melanjutkan aksi penjualan Bitcoinnya dengan mengirim sekitar 3.100 BTC senilai sekitar $178 juta dalam satu jam pada 9 Juli 2024.

Meskipun pasar kripto sempat terguncang oleh penjualan besar-besaran ini, tindakan pemerintah ini menunjukkan niat mereka untuk melikuidasi sebagian besar cadangan Bitcoin yang mereka miliki.

Rincian Transaksi Bitcoin Pemerintah Jerman

pemerintah jerman jual bitcoin
Data transaksional Arkham Intelligence tentang alamat yang dilacak untuk pemerintah Jerman ‚Äď Sumber: Arkham Intelligence

Menurut data dari Arkham Intelligence, Badan Kriminal Federal Jerman (BKA) mentransfer 400 BTC ke bursa kripto Kraken dan 2.500 BTC ke alamat dompet yang terkait dengan B2C2 Group.

Baca juga: Bitcoin ETF Kedua di Australia: Langkah Besar Menuju Masa Depan Investasi Kripto!

Selain itu, 200 BTC juga dikirim ke alamat dompet yang tidak dikenal. Dalam satu jam, pemerintah Jerman berhasil menjual Bitcoin senilai $177,54 juta.

Di sisi lain, pemerintah juga menerima kembali sekitar 1.700 BTC senilai $91,78 juta dari Bitstamp, menunjukkan bahwa mereka masih memiliki strategi likuiditas yang kompleks.

Hingga saat ini, alamat dompet utama pemerintah Jerman masih memiliki sekitar 26.000 BTC senilai $1,5 miliar.

Respons Pasar dan Dampaknya

Penjualan ini menyebabkan harga Bitcoin turun hampir 10% ke level terendah $53.000, sebelum akhirnya naik kembali menjadi sekitar $57.672.

Aktivitas penjualan ini memicu reaksi keras dari komunitas kripto, termasuk Joana Cotar, anggota Parlemen Jerman, yang meminta pemerintah untuk menghentikan penjualan Bitcoin dan menyimpannya sebagai aset cadangan.

Di sisi lain, meskipun terjadi penjualan besar-besaran, pasar menunjukkan tanda-tanda pemulihan berkat pembelian oleh ETF Bitcoin spot dan aktivitas beli yang tinggi di pasar derivatif seperti CME dan Kraken.

Baca juga: Harga Bitcoin Stabil Setelah Kerugian: Bisakah Bull Mengatasi Resistance untuk Pemulihan? (10/7/24)

Kebijakan Ekonomi dan Prospek Masa Depan

Penjualan Bitcoin oleh pemerintah Jerman ini dilakukan di tengah ekspektasi pemotongan suku bunga oleh Federal Reserve AS pada bulan September. Penurunan suku bunga tersebut diperkirakan akan meningkatkan investasi di Bitcoin sebagai aset berisiko.

Mengutip laporan Cointelegraph, analis dari Bitfinex mencatat bahwa data pasar pada 6 dan 7 Juli 2024 menunjukkan tanda-tanda bahwa sentimen pasar mungkin telah mencapai titik terendah lokal, meskipun pembayaran kembali Bitcoin dan Bitcoin Cash oleh Mt. Gox juga terjadi pada saat yang sama.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->