Bitcoin ETF Kedua di Australia: Langkah Besar Menuju Masa Depan Investasi Kripto!

Updated
July 10, 2024
Gambar Bitcoin ETF Kedua di Australia: Langkah Besar Menuju Masa Depan Investasi Kripto!

Jakarta, Pintu News ‚Äď Australia semakin memperkuat posisinya dalam pasar investasi crypto dengan meluncurkan ETF Bitcoin kedua di bursa efek mereka.

ETF Bitcoin yang dikelola oleh DigitalX ini akan segera tersedia untuk diperdagangkan, memberikan investor kesempatan baru untuk mengakses Bitcoin secara langsung melalui struktur dana yang diatur dan likuid.

Pencapaian Bersejarah bagi DigitalX

DigitalX baru saja mendapatkan persetujuan dari regulator untuk meluncurkan ETF Bitcoin mereka di Bursa Efek Australia (ASX). Ini adalah ETF Bitcoin kedua yang disetujui setelah VanEck meluncurkan ETF Bitcoin pertamanya bulan lalu.

Baca juga: Matrixport Ungkapkan Jadwal Peluncuran ETF Ethereum, ETH Diprediksi akan Capai $6.600!

CEO DigitalX, Lisa Wade, menyebut ini sebagai ‚Äúmomen penting‚ÄĚ dalam perkembangan pasar aset digital di Australia.

Dengan ticker BTXX, ETF Bitcoin DigitalX akan mulai diperdagangkan pada 12 Juli pukul 10 pagi waktu setempat. Peluncuran ini diharapkan dapat menarik investor baru ke pasar dan memungkinkan institusi memasukkan Bitcoin dan aset digital ke dalam alokasi aset strategis mereka.

Wade percaya bahwa produk ini memberikan akses langsung ke Bitcoin melalui dana yang diatur dan likuid.

DigitalX telah bekerja sama dengan K2 Asset Management sebagai entitas yang bertanggung jawab dan penerbit ETF, serta dengan firma investasi 3iQ untuk mempromosikan dan mendistribusikan produk ini baik di Australia maupun internasional.

Evolusi ETF Bitcoin di Australia

Meskipun ini adalah ETF Bitcoin kedua yang disetujui di ASX, Australia telah bereksperimen dengan produk serupa selama beberapa waktu.

Pada April 2022, Cboe Australia meluncurkan ETF Bitcoin pertama di negara tersebut, yaitu Global X 21Shares Bitcoin ETF (EBTC). Produk ini menggunakan struktur dana pengumpan grosir-ritel yang unik.

Setelah itu, Cosmos Asset Management memperkenalkan Cosmos Purpose Bitcoin Access ETF. Namun, produk ini harus delisting akibat gejolak pasar yang disebabkan oleh jatuhnya Terra/Luna dan beberapa pemberi pinjaman crypto besar.

Pasar crypto yang menurun sementara menghentikan peluncuran lebih lanjut, tetapi Monochrome Asset Management yang berbasis di Sydney menghidupkan kembali pasar dengan meluncurkan IBTC ETF di bursa Cboe Australia pada bulan Juni tahun ini.

Baca juga: Metaplanet Borong Bitcoin Lagi Sebesar $2,5 Juta, Harga Saham Bakal Ikut Terbang?

Kehadiran ETF BTXX menunjukkan kepercayaan yang semakin besar terhadap pasar Australia untuk produk investasi Bitcoin yang diatur.

Dengan dua pemain besar yang kini berkompetisi, pasar ini diharapkan akan terus berkembang dan menarik lebih banyak persaingan dalam beberapa bulan mendatang.

Reaksi Pasar dan Prospek Masa Depan

Persetujuan ETF Bitcoin DigitalX datang pada saat produk investasi aset digital sedang mengalami arus masuk yang signifikan. Pintu News baru-baru ini melaporkan arus masuk sebesar $441 juta, didorong oleh investor yang melihat kelemahan harga baru-baru ini sebagai peluang untuk membeli.

Meskipun volume produk perdagangan yang diperdagangkan tetap relatif rendah pada $7,9 miliar, arus masuk ke produk investasi aset digital tetap kuat.

Pasar crypto di Australia telah mengalami pertumbuhan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir dalam hal kepemilikan dan adopsi. Tingkat kepemilikan crypto di Australia mencapai 17%, lebih tinggi dari rata-rata global sebesar 15%. Namun, crypto di Australia juga semakin mendapat sorotan.

Pada Mei tahun lalu, bursa crypto Binance Australia memberitahu pelanggan bahwa mereka akan kehilangan akses ke setoran dan penarikan dolar Australia akibat keputusan penyedia layanan pihak ketiga mereka.

Secara keseluruhan, peluncuran ETF Bitcoin DigitalX ini diharapkan akan memperkuat posisi Australia dalam pasar investasi crypto global dan membuka pintu bagi produk-produk investasi digital lainnya di masa depan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->