Altcoin Season 2024: Apakah Musim Altcoin Masih Jauh atau Terjadi di Juli 2024? (10/7/24)

Updated
July 10, 2024
Gambar Altcoin Season 2024: Apakah Musim Altcoin Masih Jauh atau Terjadi di Juli 2024? (10/7/24)

Jakarta, Pintu News ‚Äď Harga Bitcoin telah mengalami penurunan tajam sebesar 4% selama 24 jam terakhir, jatuh ke $54.300. Penurunan di bawah $55.000 menimbulkan kekhawatiran di antara investor, karena level ini mewakili support signifikan terakhir sebelum potensi penurunan ke $50.900.

Target $50.900 ini sesuai dengan pola double top yang diamati pada bulan Maret dan Juli, yang mengindikasikan kemungkinan penurunan tambahan sebesar 8%. Meskipun demikian, masih ada harapan untuk rebound. Jika Bitcoin berhasil pulih dan menetapkan $55.000 sebagai level support sekali lagi, hal itu dapat membuka jalan bagi harga untuk naik kembali ke $58.800.

Musim Altcoin Masih Jauh

Altcoin Season Index. Source: BlockChain Center
Altcoin Season Index. Sumber: BlockChain Center

Menurut Altcoin Season Index, pasar saat ini sedang menyaksikan Musim Bitcoin. Umumnya, ketika 75% dari 50 altcoin teratas, tidak termasuk stablecoin, berkinerja lebih baik daripada BTC, Musim Altcoin dianggap aktif. Namun, hal ini tidak terjadi saat ini. Beberapa minggu terakhir telah menjadi masa yang buruk bagi altcoin seperti halnya bagi BTC. Akibatnya, pasar bahkan tidak menyaksikan Bulan Altcoin saat ini, apalagi Musim. Dengan demikian, seluruh pasar perlu membaik agar altcoin dapat mendominasi ruang crypto dan mengungguli Bitcoin.

Baca Juga: Token Crypto Selebriti Akan ‚ÄúPasti‚ÄĚ Menarik Perhatian SEC, Kata Pengacara, Benarkah?

Ketergantungan Altcoin pada Bitcoin

Namun demikian, penurunan tersebut berdampak pada dominasi pasar BTC, meskipun sangat sedikit. Saat ini, BTC menyumbang 54,64% dari seluruh kapitalisasi pasar crypto. Terlepas dari penurunan tersebut, 54,64% masih bearish untuk altcoin. Ketergantungan altcoin pada Bitcoin telah membuat mereka terganggu, yang mengakibatkan Musim Altcoin yang gagal.

Penurunan harga Bitcoin biasanya menyebabkan kekhawatiran dan perayaan, tetapi beberapa kejadian terakhir hanya menunjukkan yang pertama. Ketika Bitcoin turun, altcoin cenderung turun lebih tajam, karena investor mencari aset yang lebih aman. Hal ini menyebabkan korelasi yang tinggi antara Bitcoin dan altcoin, yang membuat yang terakhir sulit untuk mengungguli yang pertama.

Harapan untuk Masa Depan

Meskipun Musim Altcoin saat ini tampaknya tidak mungkin, masih ada harapan untuk masa depan. Jika Bitcoin dapat menemukan kembali momentum bullishnya dan mulai reli, altcoin dapat mengikutinya. Selain itu, beberapa faktor fundamental dapat mendorong pertumbuhan altcoin di masa depan. Faktor-faktor ini termasuk adopsi crypto yang meningkat, perkembangan teknologi, dan peningkatan kasus penggunaan.

Penutup

Musim Altcoin masih jauh, tetapi itu tidak berarti bahwa altcoin tidak memiliki potensi. Pasar crypto masih muda dan berkembang, dan altcoin memiliki potensi untuk tumbuh secara signifikan di masa depan. Namun, investor crypto harus bersabar dan menyadari risiko yang terlibat sebelum berinvestasi di altcoin.

Baca Juga: Bitcoin: Harga Terus Turun ke $44.000 atau Menguat Hingga Oktober 2024? Ini Analisisnya!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

*Featured Image: Generated by Ai

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->