Kolaborasi Block dan Core Scientific: Hadirkan Chip Mining Bitcoin 3nm!

Updated
July 11, 2024
Gambar Kolaborasi Block dan Core Scientific: Hadirkan Chip Mining Bitcoin 3nm!

Jakarta, Pintu News – Perusahaan teknologi keuangan Block yang dipimpin oleh Jack Dorsey telah mengumumkan pesanan pertama untuk chip penambangan baru mereka.

Berdasarkan pengumuman pada 10 Juli, Block akan memasok chip aplikasi spesifik terintegrasi untuk penambangan (ASIC) 3-nanometer (3nm) baru mereka kepada penambang Bitcoin Core Scientific. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Kemitraan Block dan Core Scientific: Detil Kesepakatan

Kedua perusahaan tidak mengungkapkan detail finansial dari kesepakatan tersebut, tetapi pembelian ini diharapkan dapat menambah hampir 15 exahashes per detik (EH/s) dari hashrate ke kapasitas penambangan Core, yang saat ini berada pada 24,6 EH/s.

Core Scientific dan Block telah bekerja sama dalam pengembangan chip baru ini selama beberapa bulan terakhir, dengan perusahaan penambangan memberikan masukan untuk platform modular yang dirancang untuk skala operator penambangan.

Kolaborasi ini dipimpin oleh tim Proto dari Block, yang berada di belakang alat penambangan dan dompet perusahaan.

Baca Juga: Coinbase Perluas Kampanye Stand With Crypto ke Kanada, Akan Mengubah Regulasi Crypto?

“Kesepakatan ini adalah contoh yang baik tentang bagaimana kami membayangkan produk penambangan kami mendorong kemajuan dan desentralisasi industri penambangan,” kata Thomas Templeton, pemimpin tim Proto di Block.

Inovasi dan Strategi Desentralisasi Block

Jack Dorsey’s Block adalah salah satu pemain terbesar di industri fintech. Perusahaan ini berada di belakang gerbang pembayaran populer seperti Square dan Cash App, tetapi sejak 2021, mereka telah beralih untuk mengatasi tantangan terkait penambangan Bitcoin di tengah kekurangan chip global.

Pada Oktober 2021, perusahaan mulai mengembangkan chip semikonduktor mereka sendiri. Pada awal 2023, mereka menyelesaikan desain prototipe untuk chip penambangan Bitcoin 5nm, mengungkapkan rencana untuk membuat teknologi penambangan menjadi open source dengan menjual ASIC dan komponen perangkat keras lainnya secara terpisah.

Baca Juga: Animoca Brands Raih Pertumbuhan 72% dan Aset $291 Juta di Q1 2024

Penambangan Bitcoin membutuhkan sumber daya komputasi yang signifikan untuk memecahkan masalah kriptografi yang kompleks, memvalidasi transaksi, dan mengamankan jaringan. Chip 3nm yang lebih kecil dan efisien dapat meningkatkan pemrosesan perangkat keras penambangan sambil mengurangi konsumsi energi.

Block sebelumnya menggambarkan upaya mereka pada rig ASIC sebagai sesuatu yang mahal dan kompleks. Mereka mengklaim bahwa sejumlah kecil perusahaan mengendalikan sebagian besar silikon penambangan Bitcoin yang khusus, yang mengarah pada konsentrasi teknologi penambangan BTC.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

*Featured Image: No Bullshit Bitcoin

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->