Ditengah Gempuran Penjualan, Total Aliran Masuk ETF Bitcoin Spot Tercatat Sentuh $654 Juta BTC!

Updated
July 11, 2024
Gambar Ditengah Gempuran Penjualan, Total Aliran Masuk ETF Bitcoin Spot Tercatat Sentuh $654 Juta BTC!

Jakarta, Pintu News – Dilansir dari Cointelegraph, investor Bitcoin di Amerika Serikat telah mengalirkan lebih dari $650 juta ke dalam exchange-traded funds (ETF) Bitcoin spot yang terdaftar di AS selama tiga hari perdagangan sejak 5 Juli 2024.

Aliran Masuk Besar-besaran ke ETF Bitcoin

Setelah hari yang kuat untuk aliran masuk bersih pada 9 Juli 2024, 11 ETF Bitcoin spot mencatat total aliran masuk sebesar $216,4 juta atau setara dengan 3.760 Bitcoin.

ETF Bitcoin dari BlackRock, iShares Bitcoin Trust, menarik aliran masuk terbesar sebesar $121 juta, diikuti oleh Wise Origin Bitcoin Fund dari Fidelity dengan $91 juta.

Baca juga: Investor ETF Bitcoin ‘Buy the Dip’: Aliran Masuk Harian Tembus $295 Juta!

Total aliran masuk bersih ke semua ETF Bitcoin spot di AS pada 9 Juli mencapai $216,4 juta. Jika digabungkan dengan aliran masuk sebesar $294,8 juta pada 8 Juli dan $143,1 juta pada 5 Juli, total aliran masuk selama tiga hari perdagangan terakhir mencapai $654 juta.

Dampak pada Harga Bitcoin

Sumber: CoinMarketCap 11 Juli 2024

Meskipun ada aliran masuk besar-besaran ini, Bitcoin gagal naik kembali di atas $60.000 sejak 4 Juli 2024. Pada saat penulisan (11/7/24), Bitcoin diperdagangkan pada $58,007.73, turun hampir 15% selama sebulan terakhir.

Beberapa analis berharap bahwa ETF ini akan membantu mendorong harga Bitcoin naik, seperti yang terjadi pada bulan-bulan sebelum Maret ketika Bitcoin mencapai rekor tertinggi baru.

Sina G, salah satu pendiri dan COO perusahaan konsultasi penyimpanan Bitcoin 21st Capital, menyatakan bahwa lonjakan harga dari $16.000 menjadi $73.000 sebagian besar didorong oleh ETF.

Baca juga: Harga Bitcoin Pulih, Ini 4 Faktor Penting yang Mempengaruhi!

Penjualan Bitcoin oleh Pemerintah Jerman

Namun, aliran masuk ke ETF Bitcoin di AS belum cukup untuk mengimbangi penjualan Bitcoin besar-besaran baru-baru ini oleh Bundeskriminalamt (BKA), kepolisian federal Jerman.

BKA telah menjual hampir 50.000 Bitcoin yang disita pada pertengahan Januari dalam penyelidikan situs web pembajakan film.

Sejak 5 Juli 2024, dompet BKA telah mengurangi kepemilikan Bitcoin mereka sebesar lebih dari $850 juta, dengan ratusan juta Bitcoin dikirim bolak-balik ke dompet yang dimiliki oleh bursa terpusat dan pembuat pasar.

Baru-baru ini, Pintu News melaporkan bahwa dompet BKA saat ini memegang 15.110 BTC senilai $887 juta, kurang dari setengah total Bitcoin yang awalnya disita dari situs pembajakan film Movie2k pada pertengahan Januari.

Data on-chain dari Arkham menunjukkan bahwa BKA mulai menjual Bitcoin pada 19 Juni dan meningkatkan upayanya pada awal Juli 2024.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->