Aliran Masuk ETF Ethereum Berpotensi Capai $10 Miliar, Mendorong Harga ETH ke Rekor Tertinggi!

Updated
July 12, 2024
Gambar Aliran Masuk ETF Ethereum Berpotensi Capai $10 Miliar, Mendorong Harga ETH ke Rekor Tertinggi!

Jakarta, Pintu News – Exchange-traded funds (ETF) Ethereum diperkirakan akan menarik hingga $10 miliar dalam aliran masuk baru dalam beberapa bulan setelah peluncuran, yang dapat mendorong harga Ethereum ke rekor tertinggi baru pada akhir tahun ini.

Hal ini diungkapkan oleh Tom Dunleavy, managing partner di firma investasi kripto MV Global, dalam sebuah wawancara dengan Cointelegraph.

Proyeksi Positif untuk ETF Ethereum

Tom Dunleavy mengungkapkan keyakinannya bahwa peluncuran ETF Ethereum akan berdampak positif pada harga ETH.

Baca juga: Ethereum Pecahkan Rekor Baru: 47,36 Juta ETH Distake di Kontrak Deposit ETH2 Beacon!

“Kami melihat $15 miliar dalam aliran masuk untuk Bitcoin. Saya pikir kita mungkin akan melihat $5 miliar hingga $10 miliar untuk Ethereum,” kata Dunleavy.

“Saya mengharapkan dampak harga yang sangat positif yang mengirimkan kita ke rekor tertinggi baru pada awal kuartal keempat.”

Saat ini, ada delapan ETF Ethereum spot yang menunggu persetujuan akhir dari regulator Amerika Serikat dan diperkirakan akan mulai diperdagangkan segera, mungkin secepat bulan ini.

Dana-dana ini akan bergabung dengan sekitar selusin ETF Bitcoin yang sudah ada, yang mulai diperdagangkan pada Januari. Secara kolektif, ETF BTC saat ini mengelola sekitar $15,9 miliar.

Dampak Terhadap Harga Ethereum

Lebih lanjut, Dunleavy memperkirakan bahwa ETF ETH akan menarik sekitar $1 miliar per bulan sebagai “kasus dasar” untuk beberapa bulan ke depan.

Dia menambahkan bahwa, dibandingkan dengan BTC, ETH “kurang tersedia di bursa, yang berarti order book lebih tipis dan lebih sedikit yang dapat dibeli,” sehingga harga spot ETH akan lebih responsif terhadap permintaan pembelian dari ETF dibandingkan dengan BTC.

Pasokan Ethereum di bursa berkurang karena lebih banyak ETH yang terkunci dalam kontrak staking – Sumber: Coin Metrics

Sementara itu, menurut data dari Coin Metrics, pasokan Ethereum di bursa semakin berkurang karena lebih banyak ETH yang terkunci dalam kontrak staking.

Dunleavy menjelaskan bahwa peluncuran ETF BTC menyebabkan apresiasi harga sebesar 36% dari tanggal peluncuran pada 10 Januari hingga puncaknya, dan lebih dari 50% sejak awal spekulasi dan rumor.

Baca juga: Heboh! Tim Shiba Inu Beri Kode Peluncuran ETF SHIB? Berikut Kelebihan dan Kekurangannya

Keuntungan untuk Investor Tradisional

Dunleavy juga menyoroti bahwa narasi yang lebih jelas untuk investor tradisional dapat meningkatkan tekanan beli.

“ETH memiliki arus kas. Itu dapat digambarkan sebagai saham teknologi, toko aplikasi kripto, atau obligasi internet. Ini adalah penjualan yang jauh lebih mudah bagi penasihat keuangan dibandingkan ‘emas digital’,” tulisnya dalam memo Q2 untuk investor yang.

Sejauh tahun ini, kinerja ETH tertinggal dibandingkan BTC, dengan penurunan yang relatif lebih dalam selama periode penurunan.

Dunleavy memperingatkan bahwa rebound dalam kinerja ETH mungkin tidak akan meresap ke altcoin lainnya, sebagian karena kurangnya tumpang tindih antara pasar institusional dan ritel kripto.

Secara keseluruhan, investor ETF Ethereum diperkirakan bukan pengguna on-chain, melainkan pengguna yang memegang aset dalam portofolio investasi seperti 401k. Ini menunjukkan bahwa peluncuran ETF ETH dapat menarik basis investor yang lebih luas dan berbeda dari pengguna kripto tradisional.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->