Mt. Gox Menggeser $9 Miliar Bitcoin, Tanda Dimulainya Pembayaran?

Updated
July 17, 2024
Gambar Mt. Gox Menggeser $9 Miliar Bitcoin, Tanda Dimulainya Pembayaran?

Jakarta, Pintu News – Dalam perkembangan terbaru yang mengejutkan, Mt. Gox, bursa crypto yang terkenal mengalami kebangkrutan, telah memindahkan sejumlah besar Bitcoin ke dompet baru.

Dalam waktu tiga jam pada tanggal 16 Juli, Mt.Gox memindahkan lebih dari 140.000 Bitcoin, senilai hampir $9 miliar, ke sebuah cold wallet yang dikenal dan dua alamat yang tidak dikenal.

Transfer Bitcoin oleh Mt. Gox

Menurut data Arkham Intelligence, Mt. Gox masih menyimpan 138.985 Bitcoin di dompet utamanya, senilai sekitar $8,7 miliar, dan telah mulai memobilisasi dana yang disimpan untuk pertama kalinya dalam dua minggu.

Baca juga: Bitcoin Melonjak di Atas $64.000, Data Menunjukkan Reli akan Berlanjut Lebih Lama!

Data menunjukkan lebih dari 140.000 BTC bergerak selama tiga jam terakhir. Sumber: Arkham Intelligence.

Dua transaksi menunjukkan hampir 96.000 BTC, senilai lebih dari $6 miliar, dipindahkan ke dua dompet yang tidak dikenal, sementara 44.527 BTC awal dikirim ke cold wallet Mt. Gox yang dikenal.

Lebih dari $6 Miliar Berpindah Tangan dalam 2 Jam

Menurut laporan Cointelegraph, volume gabungan transaksi Bitcoin Mt. Gox pada tanggal 16 Juli mencapai hampir 190.000 BTC, dengan nilai lebih dari $12 miliar yang berpindah tangan hanya dalam waktu tiga jam.

Alamat yang tidak diketahui, berakhiran “BHDct9b,” menerima 42.587 BTC, senilai $2,69 miliar, sementara sisanya 4.641,24 BTC, senilai $293,94 juta, ditransfer ke “Mt: Cold Wallet (1Jbez).”

Alamat “BHDct9b” belum mentransfer 42.587 BTC, tetapi ketakutan yang dihasilkan di pasar telah menyebabkan nilainya jatuh karena sentimen pasar terhadap BTC bergeser.

Tak lama kemudian, 48.641 BTC lebih lanjut dikirim ke alamat lain yang tidak dikenal, memindahkan $3,07 miliar kepemilikan lainnya dari dompet utama Mt Gox.

Respon Pasar

Sumber: CoinMarketCap (17/7/24)

Per 17 Juli 2024, harga BTC tercatat naik 1,65% menjadi $65,722.45. Kapitalisasi pasar Bitcoin berada di sekitar $1,2 triliun, dengan volume perdagangan harian yang menyentuh $42,9 miliar, naik 18,52% dalam waktu 24 jam terakhir.

Baca juga: Rekor Baru! Inflow Investasi Aset Digital Capai $17,8 Miliar dengan Dominasi Bitcoin dan Ethereum

Meski begitu, sentimen pasar berubah menjadi bearish ketika harga BTC mulai turun satu jam sebelum transaksi Mt. Gox pertama pada 16 Juli 2024, hanya untuk terus jatuh karena arus keluar lebih lanjut menghantam dompet yang tidak diketahui.

Dampak Repayment

Mt. Gox mengumumkan pada tanggal 5 Juli 2024 bahwa mereka akan mulai membayar hutang BTC dan BCH kepada para kreditur, yang menyatakan bahwa pembayaran akan dilakukan kepada kreditur rehabilitasi melalui pertukaran crypto yang ditunjuk.

Pengumuman tersebut menyebutkan bahwa Debitur Rehabilitasi adalah Mt Gox Co. Ltd. dan Wali Amanat Rehabilitasi sebagai Nobuaki Kobayashi, pengacara.

Pernyataan pembayaran menunjukkan bahwa kreditor rehabilitasi yang tersisa akan menerima dana “segera” setelah selesainya kondisi prasyarat.

Karena dompet utama Mt. Gox melakukan lebih dari $9 miliar arus keluar BTC pada 16 Juli, janji pembayaran yang cepat dapat terwujud sebelum Agustus.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Protos

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->